Pemanfaatan Kolong Layang (FlyOver) Pamanukan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

0 Komentar

2. Taman
Dengan membangun taman yang berada di kolong jembatan jalan layang dapat memperindah kawasan tersebut, selain itu taman juga dapat menyerap polusi.
3. Mural
Seni mural sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Bedanya kini seseorang membuat seni mural dengan suatu yang lebih menarik dan gambarnya terasa lebih hidup. Tembok dikolong jalan layang juga dapat dimanfaatkan untuk tempat berkarya seni seperti Mural. Seringkali tembok di bawah jalan layang dirusak dengan coretan-coretan (Vandalisme) sehingga dengan membuat Mural dapat menutupi Vandalisme tersebut dan membuat tembok menjadi bernilai estetika. Tema gambar Mural di setiap Flyover biasanya berbeda-beda sesuai ciri khas daerah tersebut. Subang memiliki kesenian tradisional yang melegenda yaitu “Sisingaan” ini bisa dijadikan tema dari mural tersebut atau seni kontemporer lainnya yang bisa dijadikan objek poto ataupun latar belakang poto oleh masyarakat untuk poto bareng atau berselfie. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk membuat Mural ditembok kolong jembatan layang (Flyover) harus mendapat ijin dari pemerintah daerah setempat.
4. Ruang Edukasi
Di kolong jembatan layang yang tidak berdinding itu jelas sangat bising oleh suara kendaraan yang melintas di samping kiri, kanan dan atas. Apalagi di musim kemarau seperti sekarang ini hawa panas dan berdebu, dan ketika musim hujan tiba tiupan angin kencang yang menerpa, jelas sangat tidak kondusif sebagai tempat belajar. Namun, bagi para penggiat pendidikan kondisi demikian merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan penuh kreatif dan inovatif. Kolong layang flyover bisa di manfaatkan sebagai sanggar seni untuk berbagai macam kegiatan seperti latihan kreasi seni (seni tradisional maupun moderen), lomba mewarnai gambar bagi anak-anak usia dini, lomba kasidah, kegiatan religi, dan lain sebagainya. Pada ruas kolong berikutnya dapat dijadikan taman bermain. Kolong jembatan layang yang tadinya gersang hanya dipagar besi, sedikit demi sedikit dapat ditamami tanaman hias dengan berbagai corak warna yang menarik. Dinding dan pilar beton dapat dihiasi dengan graffiti / mural bermacam-macam corak dan tema edukatif.
5. Tempat Olah Raga

0 Komentar