Padat Karya Normalisasi Kali Mataram

0 Komentar

SUBANG-Pemerintah Desa (Pemdes) Pusakajaya tuntaskan realisasi anggaran tahun 2019 dengan melakukan padat karya tunai (PKT) melali normalisasi Kali Mataram, kemarin (8/1). Padat Karya Tunai dari DD Tahap III tahung anggaran 2019 ini baru dilaksanakan karena anggaran yang baru turun pada Bulan Desember lalu.
Kepala Desa Pusakajaya, Heri Bahtiar berharap warga di Desa Pusakajaya bisa menikmati lancarnya saluran Kali Mataram yang dibutuhkan untuk berbagai macam kegiatan seperti pertanian.
“Melalui Padat Karya Tunai dari Dana Desa dalam tiga hari terakhir ini, warga secara bersama-sama dan bergotong royong melakukan normalisasi Kali Mataram yang sebelumnya dipenuhi tanaman kangkung, eceng gondok serta endapan lumpur,” jelasnya.
Heri menambahkan pelaksanaan PKT melibatkan puluhan warga lokal untuk melakukan normalisasi Kali Mataram. Sebab, jika aliran air yang kini bersih dari sampah serta tidak tersendat bisa dimanfaatkan oleh warga sesuai kebutuhannya.
“Mungkin untuk pertanian juga bermanfaat, musim hujan seperti ini aliran air bisa lancar dan mudah-mudahan tidak meluap,” jelasnya.
Sementara itu, Pendamping Desa Kec. Pusakajaya Oyon Royana mengatakan PKT di Desa Pusakajaya dilakukan sepanjang 174 x 4 x 1. Ia juga menambahkan, Kamis esok masih dilakukan pelaksanaan PKT. “Besok masih ada pekerjaan, warga masih membersihkan saluran atau kali mataram,” imbuhnya.(ygi/sep)

0 Komentar