Tahun Taiwan

0 Komentar

Zaman itu –dan zaman sebelum itu– wabah smallpox memang mengerikan. Di Eropa empat raja meninggal karena virus itu. Jutaan orang Eropa tewas karena smallpox.

Pun di Mesir. Analisa ilmiah atas mummi dilakukan. Kesimpulannya: Maharaja Fir’aun Ramses V meninggal juga karena virus itu.

Virus smallpox baru bisa dibasmi pada tahun 1967. Kini sudah lenyap dari muka bumi.

Yang tersisa tinggal wabah seperti Jiwasraya.

Badan orang yang terkena virus smallpox menjadi sangat panas. Demam luar biasa. Setidaknya 30 persen penderitanya meninggal. Yang berhasil hidup pun bisa buta. Dan bekas di kulitnya mengerikan.

Peristiwa telah melahirkan tahun. Setelah gajah terbitlah tahun. Gajah lenyap. Tahun Gajah lahir.

Di Tiongkok, Kaisar lenyap. Tahun Republik Tiongkok pun lahir: 1912. Meski kini tinggal Taiwan yang menggunakannya.

Di Jepang ada Tahun Meiji, Tahun Teiso, dan banyak lagi. Tahun Heisi baru saja berakhir tanggal 30 April lalu. Berlakulah tahun yang baru lagi. Tahun Reiwa.

Anda pun sudah tahu ini: di naskah asli tulisan tangan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tertulis “Jakarta 17 Agustus ’05”. Bukan 17 Agustus 1945.

Itu karena proklamasi terjadi pada tahun 2605 –menurut kalender Jepang Jimmu. Itulah nama Kaisar Jepang yang berkuasa sejak sebelum Masehi.

Naskah proklamasi itu memang dikonsep di rumah Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Meiji Dori –penguasa Jepang saat itu– di Jakarta.

Di Taiwan semua dokumen negara juga masih menggunakan tahun Republik Tiongkok.

Demikian juga akta lahir, kematian, perkawinan, ijazah dan dokumen apa pun.

Padahal di Tiongkok sendiri sudah tidak lagi menggunakan tahun itu. Di Tiongkok kini sepenuhnya menggunakan tahun Masehi.

Itu salah satu alasan orang Taiwan mengatakan Taiwanlah Tiongkok yang asli. Yakni Republik of China yang didirikan tahun 1912.

Pemerintahan Tiongkok yang sekarang –Peoples Republic of China– didirikan 1 Oktober 1949. Yakni setelah komunis –di bawah kepemimpinan Mao Zedong– memenangi perang sipil melawan Nasionalis –yang dipimpin Jenderal Chiang Kai-shek.

Saya sudah sering ke Taiwan. Tapi baru minggu lalu saya tersadar: di Taiwan masih menggunakan Republik Tiongkok.

0 Komentar