Teka-Teki RSUD Pantura

0 Komentar

Dua Opsi Antara Kecamatan Pusakajaya atau Sukasari

Rencana pembangunan RSUD di Pusakajaya ternyata belum final. Bupati Subang H. Ruhimat bahkan menyebut, Kecamatan Sukasari menjadi wilayah paling ideal untuk pembangunan RSUD di Pantura Subang. Hal ini ia lontarkan usai melakukan peresmian Puskesmas Batangsari di Jalur Pantura Komplek Perkantoran Kecamatan Sukasari Rabu (22/1).

“Nampaknya lebih ke arah di sini, (pembangunan RSUD Pantura) 90 persen saya yakin di sini,” kata H, Ruhimat ketika ditanya soal lokasi RSUD Pantura yang sempat tersiar kabar akan dibangun di Kecamatan Pusakajaya.

Namun, H. Ruhimat menyebut, hingga saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan pihak swasta mengenai rencana pembangunan RSUD di Pantura. “Kami masih melakukan koordinasi, Insya Allah di sini lebih memadai,” ucap H. Ruhimat.

Meski begitu, ia juga tak menampik soal pembangunan RSUD di Pusakajaya dan telah dilakukan peninjauan serta pengukuran oleh dinas terkait seperti Dinas PUPR, Kabid Bidang Aset BKAD Kabupaten Subang serta Muspika Kecamatan Pusakajaya. “Soal pengukuan itu, belum. Belum final,” tukasnya.

Jika merunut ke belakang, ada 3 opsi rencana pembangunan RSUD di Pantura yakni di wilayah Kecamatan Pusakajaya, Pamanukan dan Sukasari. Belakangan tersiar kabar, akan adanya pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masjid Raya, Water reservoir PDAM Subang di area tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Bahkan, Kabag SDA Pemkab Subang, Wawan Saefulloh saat diwawancara Pasundan Ekspres, awal tahun ini (7/1) menuturkan, dilokasi tersebut Pemkab Subang memiliki lahan yang bersertifikat dengan luas 9,6250 hektare. Dengan saat ini seluas 4 hektare telah digunakan oleh SMKN 1 Pusakanagara. Sisanya 5 hektare akan di bangun PDAM untuk mensupply kebutuhan air ke Patimban, Masjid Raya termasuk Rumah Sakit.

“Ya termasuk Rumah Sakit Pantura Insya Allah di sini, kalau untuk pembangunannya kapan saya belum tahu tapi FS (feasibility study) nya sudah ada,” ungkapnya.
Rencana H. Ruhimat membangun RSUD di Kecamatan Sukasari juga bukan merupakan isu baru. Dalam kunjunganya pada 18 Juni 2019, H. Ruhimat menyampaikan bahwa lokasi ini sangat potensial untuk jadi lokasi RSUD di Pantura. “Sekarang saya tahu ternyata ada aset pemda yang luasnya cukup memadai untuk dibangun Rumah Sakit,” ucapnya pada Pasundan Ekspres.

0 Komentar