Pemanfaatan Lingkungan sebagai Wahana Belajar

0 Komentar

Ketiga, buat komitmen dengan peserta didik. Komitmen antara pendidik dan peserta didik merupakan hal yang penting karena dengan komitmen itu guru akan lebih mudah mengarahkan peserta didik selama proses pembelajaran.

Keempat, pilih obyek yang tepat. Pemilihan obyek dalam proses pembelajaran merupakan hal yang penting sehingga terjadi kesesuaian antara fenomena yang ada dilingkungan dengan materi yang sedang diajarkan. Usahakan lingkungan yang aman dan sudah akrab dengan peserta didik sehingga mereka akan lebih mudah untuk melakukan proses pembelajaran. Meskipun tempat yang sudah akrab dengan peserta didik, namu tetap mengeksplorasi sesuatu yang baru untuk menarik antusias peserta didik.

Melalui pembelajaran ini akan membunuh kebosanan peserta didik yang biasanya hanya duduk di kelas menjadi pembelajaran dengan suasana yang berbeda. Mereka akan lebih dekat dengan lingkungan sehingga akan menimbulkan kepekaan mereka terhadap lingkungan. Dengan kepekaan ini selanjutnya akan menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap lingkungannya.

Guru era milenial harus mampu bergerak, berinovasi serta berpikir untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang inovatif. Jika tidak maka guru akan tenggelam oleh zaman dan terus terbelenggu praktik-praktik pembelajaran masa lampau yang tak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. (*)

0 Komentar