Misteri Tujuh Mata Air di Cijengkol

0 Komentar

“Saya tidak berani memastikan kalau terkait sejarahnya. Pertama takut salah. Bisa-bisa kalau salah terus dipercaya jadi penyesatan sejarah juga takutnya. Saya berharap, ada tim ahli atau peneliti kebudayaan dari pemerintah yang bisa langsung memastikan. Jangan-jangan ini juga termasuk situs budaya,” jelas Hadi.

Adapun nama-nama mata air di sana, antara lain, Mata Air Cisadane, Cisanggiri, Cihaliwung, Cikajayaan, Cikahuripan, Cikabedasan, dan Sumur Bandung. Dijelaskan Hadi juga, keberadaan tujuh mata air di sana, membuat Desa Cijengkol nyaris jarang kekurangan air, meskipun musim sedang kemarau.

Malah ada satu fenomena aneh lagi katanya, jika kemarau kocoran tujuh mata air di sana justru semakin deras. Dia mengaku sempat terbersit akan mengemas air di tujuh mata air itu, sebagai produk BUMDes di sana, namun sesepuh masyarakat di sana tidak mengijinkan, lantaran tujuh mata air itu masih dianggap sakral.

Baca Juga:Badai BerlaluCuaca Ekstrem, Nelayan Subang Kesulitan Melaut

“Ada wacana memang untuk mengolah jadi air kemasan sebagai produk BUMDes, namun masyarakat tidak setuju. Masyarakat di sana juga percaya air tersebut memikiki khasiat jika langsung diminum, tanpa dimasak terlebih dulu,” pungkasnya.(idr/vry)

0 Komentar