Legislatif Dorong Sarana dan Prasarana Kebersihan

0 Komentar

PADALARANG-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rismanto nyatakan akan support penanganan sampah di KBB melalui peningkatan sarana dan prasarana pendukung kebersihan.
Pasalnya, saat ini penanganan sampah di KBB kurang baik disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya sarana angkutan sampah di KBB.
“Hampir semua mengeluhkan tentang terbatasnya sarana angkutan sampah, ini yang harus menjadi perhatian pemerintah dan manakala perencanaan Lingkungan Hidup bagus, kita akan support itu agar Armada pengangkut sampah sepanjang diperlukan.
Dan DPRD siap memfasilitasi untuk peningkatan alat sepanjang ada analisa kebutuhan yang benar lalu juga secara bertahap,” ujar Rismanto kepada Pasundan Ekspres, belum lama ini.
Selain faktor armada, Rismanto mengungkapkan Masih banyak yang buang sampah sembarang sehingga, sehingga petugas kebersihan dibuat kewalahan.
“Saya lihat ada OTT juga dari pemerintah untuk menindak yang buang sampah sembarangan dan faktanya ada, nah ini contoh polah hidup masyarakat dalam lingkungan masih minim,” ucapnya.
Berdasarkan keluhan dari warga diberbagai desa hampir ada gundukan sampah yang tidak semestinya ada ditempat tersebut.
“Ini dilaporkan masyarakat yang memang sadar, sementara yang buang kan belum dan ini PR yang cukup panjang tapi kita gak boleh lelah jadi ada kesaradan kolektif membuang sampah pada tempatnya,” paparnya.
Rismanto berharap, adanya kesadaran masyarakat dan ada edukasi dari pemerintah untuk membudayakan buang sampah pada tempatnya.
“Dalam hal edukasi kemasyarakat menjadi peran semua dari tingkat bawah sampai atas misalnya RT membudayakan cara memisahkan sampah organik dan non-organik, nah ini untuk penanganan sementara sebelum ada TPST,” tukasnya.(eko/sep)

0 Komentar