MENAKAR RELIGIUSITAS ORMAWA KAMPUS UMS

0 Komentar

Oleh
Drs.Priyono, Dosen dan Wakil Dekan I Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Siti Nur Aisah, Mahasiswi F.Geografi UMS dan aktivis IMM serta Penerbitan

Organisasi mahasiswa atau yang lebih sering kita dengar dengan ormawa merupakan suatu wadah (organisasi) bagi mahasiswa yang ada di suatu universitas yang bersifat membangun kemampuan mahasiswanya itu sendiri, baik yang bersifat soft skill maupun hardskill.
Universitas sendiri merupakan jembatan bagi seorang mahasiswa yang akan mengantarkannya menuju dunia pekerjaan atau kehidupan yang sesungguhnya.
Dunia kerja membutuhkan orang yang berkompeten serta memiliki kemampuan akan suatu hal.
Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan di bidang soft skill akan memberikan kontribusi yang nyata dalam kesusksesan hidup dan memenangkan kompetisi dalam bersaing.
Dan untuk memenangkan kompetisi hrs memiliki kompetensi yang comprehensive dan itu bisa dicapai melalui hijrah dari zone nyaman ke zona penuh tantangan di ormawa.
Parameter keberhasilan akademik mahasiswa dapat dilihat dari nilai IPK (Indeks Prestasi Komulatif) yang diperolehnya semasa berada di bangku perkuliahan.
Meskipun dengan pernyataan ini, tidak semua setuju , akan tetapi IPK adalah penilaian akademik kumulatif dari semua dosen yang memiliki keahlian yang berbeda dan karakter yang berbedqa pula.
Namun, sejatinya kemampuan akademik saja tidak cukup mengantarkan seseorang untuk bersaing di dunia kerja yang kini sangat ketat persaingannya. Selain kemampuan akademik, seorang mahasiswa seharusnya juga mengantongi kemampuan soft skill.

Mahasiswa harus punya soft skill

Kemampuan soft skill ini dapat menambah nilai lebih tersendiri bagi seorang mahasiswa. Kemampuan soft skill tidak akan di peroleh melalui kegiatan perkuliahan yang berlangsung di kelas, akan tetapi kemampuan ini diperoleh ketika seseorang menjadi aktivis kampus.
Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti organisasi mahasiswa (ormawa).
Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan tatkala kita berani keluar dari zona nyaman dan melibatkan diri mengikuti ormawa yang ada.
Sudah bukan hal yang asing lagi di benak kita, beberapa manfaat yang akan diperoleh seperti kemampuan manajemen waktu, mendapat banyak relasi, serta melatih diri untuk beradaptasi hidup dibawah tekanan.

0 Komentar