MENYIASATI SISI NEGATIF PENYALAHGUNAAN GAWAI

0 Komentar

Untuk membatasi penggunaan gawai ini anak harus diberikan pemahaman sejak dini mengenai pemanfaatan gawai yang tepat sesuai dengan umur si anak. Hal ini bukan perkara mudah tetapi jika dilakukan dengan penuh kesabaran dan ketelatenan sejak dini pasti dapat pahami dengan baik ole anak.
Kedua, Pahamkan dampak negatifnya. Sebelum memberikan pemahaman dampak negatif penggunaan gawai sebaiknya orantua memperkaya diri dari berbagai referensi mengenai pemanfaatan gawai dalam kehidupan sehingga dapat menggunakan cara yang tepat sesuai dengan perkembangan usia anak.
Ketiga, Perbanyak aktivitas fisik bersama. Aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk mengalihkan kebiasaan anak untuk memegang gawai. Melalui aktivitas fisik ini pula biasanya anak akan berusaha untuk mengeksplorasi potensinya. Dalam melakukan aktivitas fisik ini usahakan kegiatan yang disukai oleh si anak sehingga ia akan tertarik untuk melakukannya.
Jika orangtua belum mengetahui aktivitas apa yang disukai anak, maka jalinlah komunikasi dengan anak untuk mengentahui aktivitas apa yang ia sukai. Jika sudah menemukan aktivitas yang disukai maka segera realisasikan untuk mengetahui sejauh mana ketertarikan anak pada aktivitas yang telah direncanakan.
Keempat, Pantau aktivitas si anak. Kepedulian orangtua terhadap aktivitas anak merupakan hal yang penting karena dengan mengetahui aktivitas anak akan membantu orangtua untuk mengontrol aktivitas dalam memanfaatkan gawainya. Misal saat anak sedang di kamar apa yang mereka lakukan, apakah memanfaatkan gawai atau melakukan aktivitas lain. Saat memanfaatkan gawainya apa yang dia akses, untuk pembelajaran atau hanya untuk bersenang-senang semata.
Kelima, Batasi akses wifi di rumah. Kini banyak rumah yang sudah memanfaatkan wifi sebagai penyedia jaringan internet. Hal tersebut dapat memicu anak untuk selalu memanfaatkan gawainya untuk mengakses internet. Jika di rumah menggunakan wifi maka batasi aksesnya untuk akses situs porno maupun gim-gim tertentu sehingga anak akan menjadi terkontrol dalam mengakses internet melalui wifi yang tersedia di rumah.
Keenam, Berikan contoh yang baik dalam memanfaatkan gawai. Orangtua adalah salah satu figur yang dicontoh oleh anak. Ketika orangtua memberikan contoh yang baik dalam pemanfaatan gawai maka akan memberikan inspirasi bagi anak dalam memanfaatkan gawainya. Jangan menjadi orangtua yang egois dengan membatasi kepada anak tetapi orangtua sendiri memberikan contoh yang tidak baik dalam pemanfaatan gawai.

0 Komentar