Petani dan Penyuluh Pertanian Jaga Ketahanan Pangan

0 Komentar

Kendalikan Hama Wereng
PAMANUKAN-Petani dan Penyuluh di Pamanukan melakukan upaya pengendalian hama. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga ketahanan pangan keamanan serta ketersediaan stok sembako dalam hal ini beras.
“Ada arahan dari Kementerian Pertanian, agar kegiatan pertanian tetap berjalan dan tidak boleh berhenti, bahkan harus genjot produksi pertanian. Tapi tentu protokol soal kesehatan tetap diperhatikan dan dilaksanakan,” ucap PPL BPP Pamanukan M. Aditya Nugraha pada Pasundan Ekspres.
Adit menyebut upaya pengendalian dilakukan bersama beberapa petani untuk mengendalikan hama penggerek padi  serta beberapa bagian yang terkena hama wereng batang coklat.
“Memang untuk di Pamanukan hama yang ada saat ini yakni hama penggerek padi  serta sebagian juga ada hama wereng batang coklat,” ujarnya.
Pemantauan lahan pertanian dilakukan sebagai upaya untuk menjamin tersedianya stok bahan pangan. Lalu juga untuk menjaga produksi beras termasuk di wilayah Pamanukan.
“Kalau seandainya pertanian tidak berjalan, sok langka ini akan berdampak juga pada masyarakat. maka dari itu Kementerian Pertanian memberi arahan untuk tetap melanjutkan kegiatan pertanian,” ucap Adit.
Namun para petani juga tetap diberikan edukasi dalam hal menjaga kebersihan seperti mencuci tangan, tidak turun ke lapangan saat kondisi kesehatan sedang menurun atau sakit.
“Sebab di imbauan Kementerian Pertanian juga disebutkan adanya himbauan untuk sama-sama mengikuti perkembangan terkait penyebaran virus Corona ini,” imbuhnya. (ygi/ysp)

0 Komentar