Warga Pilih Gabug Jadi Jalur Alternatif

0 Komentar

KALIJATI-Akibat terputusnya akses jalan Kalijati- Tanggulun beberapa waktu lalu, warga memilih jalan alternatif via Gabug Sindang Sari-Kalijati Barat yang akan menuju Tanggulun, Jalupang, dan sekitarnya.
Kualitas jalan yang buruk serta luas jalan yang sempit, terpaksa digunakan sebagai alternatif pilihan jalan. Masyarakat di sekitar Gabug juga tidak tinggal diam, mereka swadaya memperbaiki beberapa bagian jalan yang dianggap rusak parah.
Dijelaskan warga sekitar, Juned (34) masyarakat di sekitar sana tidak saja swadaya memperbaiki beberapa bagian jalan yang dianggap rusak parah, namun juga saling membantu mengatur arus lalu lintas karena padatnya volume kendaraan yang melintas.
“Biasanya sepi, sekarang rame karena di pake jalur alternatif, luas jalannya juga sempit, hanya cukup untuk satu mobil. Kami swadaya saja saling bantu, atur lalu lintas. Sebab kalau tidak malah nanti jadi susah lewat, cuma cukup satu mobil,” jelasnya.
Bahkan beberapa bagian jalan, kata dia, ada juga yang sempat amblas, karena padatnya kendaraan. Beruntung warga sigap, sehingga bisa diatasi dengan menutup bagian yang amblas oleh limbah bangunan, atau masyarakat di sana akrab menyebut barangkal. “Ada yang amblas beberapa, sudah ditutup barangkal, pake besi sebagian, aman, insyaallah,” tambahnya.
Kepala Desa Kalijati Barat Yayan Budiawanto mengakui beberapa bagian di ruas jalan alternatif via gabug itu ada beberapa yang amblas.
Sebabnya voleume kendaraan yang meningkat akibat digunakan sebagai jalan alternatif, namun dirinya menyampaikan ucapan terimakasih pada masyarakat sekitar yang telah berinisiatif untuk memperbaiki, dan terjun langsung mengatur lalu lintas di jalur alternatif tersebut.
“Kalau mau dibenerin sekaligus kan pasti gak bisa, kasian nanti masyarakat lewat mana, di sana sedang diperbaiki, masa jalan alternatifnya diperbaiki secara bersamaan, nanti satu-satu,” jelasnya.
Hal tersebut juga diauki Yayan sudah disampaikan pada Bupati Subang, dirinya mengaku menyampaikannya ketika Bupati meninjau lokasi jalan putus langsung, beberpa hari lalu. Dia bersyukir respon dari Bupati juga bagus, dan akan segera menindaklanjuti laporannya tersebut. “Sudah disampaikan masalah jalan Gabug juga, insyaallah beliau juga akan membantu, setelah ini jalur utamanya selesai dulu,” pungkasnya.(idr/sep)

0 Komentar