Kiprah Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Masa Pandemik

0 Komentar

Di sisi lain, pembatasan mobilitas warga dalam waktu yang cukup lama mengakibatkan sebagian anak mengalami kejenuhan. Oleh karenanya, Bidang Konseling pun dibentuk untuk mendukung tugas Satgas dalam melaksanakan program – programnya. Tugas utama bidang ini adalah memberikan arahan kepada orangtua tentang bagaimana membimbing anak – anaknya selama belajar di rumah. Kegiatan konseling tersebut juga dilaksanakan secara daring dan terbuka bagi seluruh orangtua. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber adalah mereka yang memang ahli di bidangnya sehingga orangtua pun dapat berkonsultasi langsung terkait berbagai permasalahan yang dihadapi selama masa pandemik.
Selain Bidan Pendidikan dan Konseling, Satgas Tanggap Bencana Covid-19 juga didukung oleh Bidang Sosial dan Kemanusiaan. Tugas utama bidang ini adalah mendata warga sekolah (guru, siswa dan orangtua) yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung. Setelah itu, penggalangan bantuan akan dilakukan semaksimal mungkin untuk membantu warga sekolah yang terkena dampak. Penggalangan bantuan akan terus dilakukan selama masa pandemik sehingga mereka yang mengalami kesulitan akan tetap terbantu.
Berikutnya adalah Bidang Ketahanan Lembaga. Tugas utama bidang ini adalah membuat kajian serta memberikan arahan kepada para pengelola lembaga terkait langkah – langkah strategis yang perlu diambil untuk mempertahankan eksistensi lembaga di tengah kondisi yang tidak menentu. Mengkaji dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan oleh wabah terhadap eksistensi lembaga perlu dilakukan agar setiap lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan JSIT tetap berdiri dan mampu mepertahankan seluruh SDM yang dimilikinya.
Terakhir adalah Bidang Informasi dan Komunikasi. Tugas bidang ini adalah mengumpulkan berbagai informasi dari seluruh sekolah terkait kondisi terkini warga sekolah. Data yang diperoleh kemudian dijadikan bahan untuk menentukan pihak pihak yang diprioritaskan untuk menerima bantuan. Selain itu bidang ini juga konsisten dalam melaporkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Penanganan Covid – 19.
Berbagai upaya yang dilakukan di atas menunjukkan, JSIT memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kemajuan dunia pendidikan di negeri ini. Kondisi sulit sebagaimana kita hadapi saat ini tak sedikit pun mengurangi semangat JSIT untuk terus berkiprah di tengah masyarakat. Anak – anak yang saat ini tengah duduk di bangku sekolah merupakan aset bangsa yang harus kita jaga keselamatannya. Oleh karenanya, partisipasi dari berbagai pihak untuk menyukseskan program – program yang dicanangkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 yang dibentuk oleh JSIT sangatlah diharapkan. (*)

Laman:

1 2
0 Komentar