7 Tips agar Mata Tetap Sehat selama Social Distancing

0 Komentar

Kelima, setel pencahayaan. “Perhatikan pencahayaan ruangan saat Anda menggunakan gawai. Jangan sampai terlalu redup, apalagi menatap ponsel sebelum tidur ketika lampu sudah dimatikan. Mata akan bekerja lebih keras dalam kondisi demikian. Setel pula tingkat kekontrasan layar pada piranti agar mata Anda nyaman,” ucapnya.
Keenam, jaga kelembapan mata. “Agar mata tetap lembap, Anda bisa mengaplikasikan produk air mata buatan yang tanpa pengawet. Namun, untuk lebih amannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata, jika keluhan tidak juga membaik setelah diberikan pelembab mata,” ujar dr Anna.
Ketujuh, bangun imunitas tubuh. “Ini langkah sederhana yang mutlak dilakukan terlebih di tengah pandemi COVID-19. Cukupi nutrisi dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, dan berolahraga secara mencukupi,” katanya.
Lebih lanjut dr Anna mengatakan, imunitas tubuh yang kuat sejalan dengan kesehatan mata yang prima. Di samping itu, anjuran berjemur ternyata tak hanya berimbas positif pada kondisi tubuh. Kesehatan mata pun turut terdongkrak. Terlebih, bagi anak-anak yang sedang dalam tahap perkembangan organ mata.
“Berjemurlah secara aman dengan menghindari paparan sinar matahari langsung masuk ke mata. Tidak perlu berlama-lama, cukup 15-30 menit saja di pagi hari, ketika indeks Ultra Violet (UV) berada di angka 3-5,” ucapnya.
Dr Anna juga mengingatkan adanya kondisi gawat darurat mata yang perlu diwaspadai. “Apabila pandangan buram secara tiba-tiba, mata merah yang tak mereda, nyeri hebat di sekitar mata, serta terjadi trauma pada mata seperti terbentur, kemasukan benda asing dan zat kimia, segeralah mengunjungi dokter spesialis mata terdekat. Apalagi bagi Anda yang baru mendapatkan tindakan operasi mata,” ujarnya.(rls/add/vry)

Laman:

1 2
0 Komentar