BKKBN Tebar Sembako di Daerah Kumuh Stasiun Depok

0 Komentar

Siapkan Gerakan Pelayanan 1 Juta Akseptor
DEPOK-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menyalurkan bantuan sembako di kawasan kumuh di sekitar Stasiun Depok RW 19 Kelurahan Depok Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok, Sabtu (17/5).
Sedikitnya 80 keluarga prasejahtera menerima bantuan kebutuhan bahan pokok hasil donasi Gerakan Mengumpulkan Uang Receh untuk Hidup Berbagi (Gemuruh Berbagi) yang digagas Kedeputian Advokasi, Penggerakkan, dan Informasi (Adpin) BKKBN.
Selain menyalurkan bantuan sembako, BKKBN juga menyerahkan alat dan obat kontrasepsi berupa pil dan kondom bagi pasangan usia subur (PUS) peserta keluarga berencana (KB).
Penyerahan dilakukan Deputi Adpin BKKBN Nofrijal, didampingi Direktur Pelaporan dan Statistik BKKBN Rudy Budiman, Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN Wahidin, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Kusmana, dan Kepala Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok Nessi Annisa Handari, dan Camat Pancoran Mas Utang Wardaya.
Menutup rangkaian safari akhir pekan, Nofrijal berdialog secara khusus dengan para penyuluh keluarga berencana (PKB) dan tenaga penggerak kelurahan (TPK) di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Pancoran Mas. Sesaat sebelum meninggalkan lokasi, Nofrijal menyempatkan diri meninjau mobil unit penerangan (Mupen) KB hasil rebranding milik Perwakilan BKKBN Jawa Barat.
“Ramadan tahun ini kita berada dalam masa pandemi covid-19. Kami di Kedeputian Adpin menggalang kepedulian yang kita beri nama Gemuruh Berbagi. Bentuknya berupa pengumpulan donasi dari pegawai BKKBN melalui rekening khusus. Hasil donasi ini kami belanjakan kebutuhan pokok di koperasi pegawai untuk kemudian diserahkan kepada saudara-saudara kita yang belum beruntung, keluarga prasejahtera. Di Depok ini yang ketiga. Sebelumnya bantuan sembako diserahkan kepada korban kebakaran di Tangerang Selatan dan salah satu kawasan kumuh di Kota Bekasi,” terang Nofrijal.
Nofrijal merinci, paket bantuan bahan pokok tersebut meliputi beras, gula, minyak, biskuit, vitamin, dan susu. Selain hasil donasi Gemuruh Berbagi, bantuan sembako juga bersumber dari bantuan Perwakilan BKKBN Jawa Barat. Bantuan diserahkan Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Kusmana dan Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Pintauli Siregar. “Pada intinya kami ingin mengisi momen Ramadan ini dengan berbagi kepada sesama. Dalam hal ini kepada keluarga-keluarga prasejahtera. Para penerima ini berasal dari pendataan tim kecil yang sebelumnya turun langsung di lapangan. Kami juga berkolaborasi dengan sejumlah mitra pegiat sosial kemasyarakatan. Di samping petugas lini lapangan tentunya,” terang Nofrijal.

0 Komentar