Peran Teknologi di Era New Normal yang Hidup Berdampingan dengan Covid-19

0 Komentar

Covid-19 yang memberikan dampak negatif juga memiliki hikmah tersendiri yang secara sadar ataupun tidak sadar sebenarnya kita mampu dalam mengikuti perkembangan industri 4.0 hanya saja perlu mendapatkan dorongan dari orng lain terlebih dahulu sebelum bertindak. Hikmah dari covid-19 menuntut semua masyarakat harus bisa menggunakan teknologi walaupun hanya sekedar video conference saja. Meskipun secara sosial kita tidak dapat bercengkerama secara langsung, akan tetapi berkat adanya perkembangan teknologi internet masyarakat tetap dapat menjalin hubungan jarak jauh melalui platform online media sosial seperti google meet ataupun zoom.
Kedua platform tersebut memberikan pengalaman komunikasi tatap muka secara tidak langsung, akan tetapi setidaknya cukup efisien apabila digunakan saat pandemi seperti ini. Tidak hanya untuk menjalin komunikasi sesama anggota keluarga saja, platform tersebut juga digunakan sebagai media pembelajaran online. Zoom dan google meet memiliki kapasitas peserta yang cukup banyak yaitu dapat menampung hingga 100 bahkan lebih pengguna dalam sekali waktu. Berbeda dengan video call whataApp yang hanya dapat digunakan maksimal 8 peserta saja. Bahkan, beberapa orang menggunakan platform tersebut untuk berdiskusi online serta rapat online tanpa harus keluar rumah untuk bertatap muka secara langsung.
Efek karena covid-19 tidak serta merta langsung hilang dalam jangka waktu satu sampai tiga tahun kedepan, mungkin bisa lebih dari itu. Karena efek tersebut orang-orang tidak perlu bekerja di kantor lagi, tidak terjebak macet pada jam kerja dan bahkan mungkin perusahaan merekrut karyawannya melalui online. Hal itu dapat menguntungkan kita jika ingin bekerja diluar negeri tanpa repot-repot mengurus visa atau passport, hanya memerlukan internet yang memadai dan skill mumpuni untuk menghadapi persaingan industri era new normal ini.
Selama pandemi covid-19 banyak masyarakat yang merasa bahwa koneksi atau jaringan internetnya harus cepat dan memadai. Tentu saja karena penggunaan internet membutuhkan jaringan yang bagus apalagi jika digunakan untuk video conference seperti zoom dan google meet harus memiliki sinyal yang stabil. Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan penyedia layanan jasa internet dan saling bersaing agar kita lebih merasa betah di rumah tatkala melakukan pekerjaan secara daring.

0 Komentar