Memperingati Hari Anak tanpa TV

0 Komentar

Ibarat menanam padi. Jika tanaman padi itu dirawat sebagaimana mestinya, diperlakukan sebagaimana seharusnya, maka tanaman padi itu dapat tumbuh sebagaimana seharusnya dia tumbuh. Jika sampai waktunya dipanen, dia akan menghasilkan bulir padi yang bernas sesuai harapan.
Kemajuan peradaban telah membawa banyak perubahan. Pun termasuk pada pola pengasuhan. Pola asuh menurut Redaksi Halodoc adalah suatu proses yang ditujukan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak sejak bayi hingga dewasa. Hal ini menjadi tanggung jawab orang tua sebab orang tua merupakan guru pertama untuk anak dalam mempelajari banyak hal, baik secara akademik maupun kehidupan secara umum.
Terdapat pergeseran pola pengasuhan yang diterapkan orang tua masa kini. Pergeseran itu terjadi pada beberapa hal, diantaranya: pertama, ada orang tua yang karena berbagai alasan menyerahkan pengasuhan anak kepada orang lain. Entah itu masih ada hubungan keluarga atau tidak. Kedua, ada orang tua yang karena kegiatannya tidak mau terganggu, membiarkan anak melakukan aktivitas sendiri luput dari pengawasannya, istilahnya asal anteng.
Pola pengasuhan dengan prinsip asal anteng ini kemungkinan besar di kemudian hari dapat menuai badai, mengapa? Banyak yang dilakukan orang tua agar anak anteng dan tidak mengganggu aktivitasnya. Sebagian menyerahkan pengasuhannya pada gadget, diantaranya gawai dan televisi. Anak cukup diberikan gawai atau di suruh menonton televisi, sementara dia asyik dengan aktivitasnya.
Dalam beberapa kasus gawai adalah candu. Pun televisi. Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari perangkat ini, tetapi lebih banyak lagi hal negatif yang menyertainya. Ibarat pedang bermata dua. Ada anak yang tidak dapat lepas dari gawai dan televisi. Waktunya hanya diisi dengan memandangi layar perangkat tersebut. Ketika anak tertidur saja aktivitas itu tidak dilakukannya.
Hal positif dari gawai dan televisi itu diantaranya; banyak sekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat membantu para orang tua untuk menjadi orang tua yang baik, misalnya tentang tutorial parenting. Hal-hal tersebut dapat menjembatani keterbatasan pengetahuan dan keterampilan para orang tua tentang pola pengasuhan. Selain itu, banyak juga hal yang dapat dipelajari oleh anak, misalnya permainan edukatif, hal ini dapat membantu agar anak dapat tumbuh kembang sesuai usianya.

0 Komentar