SERBA SERBI PELAKSANAAN E UAS(UJIAN AKHIR SEMESTER)

0 Komentar

Oleh
1.Drs.Priyono,MSi(Dosen Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
2.Siti Nur Aisah( mahasiswi smt 2.Aktivis Kampus Bidang Penerbitan)

Nampaknya kita sudah mulai terbiasa dengan adanya virus corona di sekitar kita. Nampaknya pula kita sudah mulai terbiasa dengan segala aktivitas yang sudah beralih menjadi online. Tidak terkecuali nampaknya pula, masyarakat seluruh dunia sudah sangat lelah menghadapi kenyataan bahwa kini harus hidup berdampingan dengan virus corona. Begitulah ada hikmah dibalik musibah, manusia selalu melakukan adaptasi dengan lingkungannya untuk menjalankan perannya sebagai machluk sosial dan perannya sebagai khalifah fil ardh. Dalam khasanah geografi disebut penganut paham posibilistik atau manusia bisa menguasai alam karena mengembangkan tehnologi komunikasi .
Mencari ilmu dengan komunikasi virtual menjadi sebuah keniscayaan dan dalam islam , mencari ilmu itu diwajibkan, seperti yang tersurat dalam surat An Nahl ayat 43 :” maka tanyalah kepada ahli ilmu pengetahuan apabila kamu tidak mengerti ” Beberapa hadits yang terkait dengan kewajiban mencari ilmu adalah disabdakan Rosul:” Mencari ilmu pengetahuan itu wajib bagi muslim”(HR Ibnu Majah). Dan ada yang lebih inspiratif, tertuang dalam hadits nabi :
” Apabila aku didatangi oleh suatu hari dan aku tidak bertambah ilmuku pada hari itu yang dapat mendekatkan ilmuku pada Alloh, maka tidak ada keberkahan untukku dalam terbitnya matahari pada hari itu ” (HR Tabrani).
Meskipun demikian, kita tetap harus patuh dan tidak boleh abai akan protokol kesehatan covid-19. Seminimal mungkin kita harus mengenakan masker ketika bepergian ke luar rumah, saat sedang batuk, dan dimanapun saat sedang di rung publik. Selain itu kita juga harus menjaga jarak aman sekurang-kurangnya sejauh 1 meter. Diramalkan oleh para ahli bahwa kita akan memasuki fase berbahaya pada bulan juli-september karena pelonggaran kebijakan pemerintah dalam PSPB.
Akibat pandemi covid-19 yang sampai saat ini belum menunjukkan angka penurunan bahkan di beberapa daerah cenderung meningkat, hal tersebut mengakibatkan seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia tetap melaksanakan segala bentuk kegiatan perkuliahan secara daring. Hal tersebut tak terkecuali pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) yang berlangsung sekitar bulan Juli. Kita mahasiswa di seluruh Indonesia memasuki fase terakhir dalam pembelajaran yaitu ujian akhir semester(UAS) online. Porsi komponen ini menempati persentase yang besar, disamping ada metode penilaian yang lain misalnya tugas membuat paper atau artikel di Koran, presentasi,observasi,diskusi dll. Pada prinsipnya evaluasi memiliki tujuan untuk mengetahui pemahaman dan kompetensi sesuai rencana pembelajaran mingguan. Inilah siklus yang sangat krusial bagi proses pembelajaran sesuai diagram Bloom.

0 Komentar