Seri Belajar Filsafat Pancasila (4)

0 Komentar

Muhammad Yamin sendiri kemudian berpidato lagi pada tanggal 31 Mei 1945 untuk menyampaikan terkait dasar menentukan daerah, lima macam daerah, daerah kedaratan,dan daerah lautan. Secara keseluruhan Yamin menegaskan, wilayah Indonesia adalah didasarkan atas daerah yang dikuasai oleh kolonial Belanda serta daerah Melayu.
Dilihat dari pidato Yamin tentang dasar Negara ini, Yamin tidak menyebutkan satu judul besar terkait isi dasar Negara yang ditawarkannya. Yamin hanya menyampaikan pokok-pokok pikiran terkait hal yang dianggapnya fundamental dalam pembentukan suatu dasar Negara bagi Bangsa Indonesia. Walau pun demikian pokok-pokok pikiran dari Muhammad Yamin memiliki kesamaan dengan apa yang disampaikan oleh Soekarno nanti.
Pokok-pokok pikiran tersebut tetap original dan genuine dari Muhammad Yamin atau Soekarno sendiri.
Ini menunjukkan bahwa Pancasila betul-betul digali dari sejarah dan kebudayaan Bangsa Indonesia sendiri. Nilai-nilai luhur yang tumbuh dan berkembang dari warisan kehidupan masyarakat Indonesia sejak zaman kerajaan hingga saat ini dengan tetap memperhatikan perkembangan zaman, disarikan dalam sila-sila Pancasila. Pancasila adalah sari pati dari nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia sendiri. Wallahualam bishawab.Mari kita diskusikan. Afwan Salam Kang Marbawi.

0 Komentar