Kajian Geografi Di Masa Pandemi

0 Komentar

Kegiatan pelatihan online ini diikuti sekitar 100 guru geografi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari begitu banyak materi bermanfaat yang kami dapat, ada satu materi yang membuat kami mendapatkan pengalaman berharga tentang bagaimana menulis artikel untuk koran. Materi yang disampaikan oleh dosen pengisi kolom taklim di radar solo, Jawa Pos dan kolom lain di berbagai media . Beliau memberikan pengalaman menulis lebih dari 240 artikel publis di media masa  dan ini memberikan wawasan baru tentang trik menulis di Koran, dimulai dari bagaimana filosofi dan trik penulisan artikel untuk koran hingga memahami gaya selingkung yang berbeda-beda pada setiap media berita.
Pada pelatihan ini pula kami diberikan model pembelajaran yang baru yaitu dalam bentuk tantangan untuk membuat artikel. Setiap tulisan yang dibuat guru akan dibimbing oleh dosen-dosen fakultas Geografi UMS dan dengan beberapa koreksi/perbaikan kemudian dipublikasikan di media massa. Ada cukup banyak artikel yang berhasil dipublikasi di media massa pada periode April – Juni 2020. Sebuah pengalaman yang luar biasa bagi saya sendiri tentang menulis(penulis 1). Sebenarnya saya sendiri sudah sering menulis dan kemudian saya posting di blog ini tetapi menulis di blog/website media massa yang memiliki rating tinggi dan traffik tinggi dalam hal pengguna/pengaksesnya tentu menjadi hal yang berbeda dan menantang pula. Apalagi tulisan saya selama ini lebih berupa tulisan sederhana.
Menjadi lebih menarik dan memantik semangat lagi bagi kami manakala pihak dosen fakultas Geografi UMS mengumpulkan artikel-artikel yang terpublish di media massa tersebut dan mencetaknya dalam bentuk buku seperti pada gambar di atas. Tentu menjadi sebuah karya yang luarbiasa bagi kami guru geografi dapat menghasilkan karya yang tentu akan memberikan nilai guna dalam bidang keilmuan dan maupun secara umum.
Buku ini berisikan 29 artikel dengan kajian geografi dan menyikapi pandemi Covid-19 dan dibagi dalam empat kajian. Terdapat 19 guru yang menulis artikel, dengan dibimbing secara intensif dan disusun oleh 6 dosen fakultas Geografi UMS yakni bapak Drs. Priyono, M.Si., bapak Dr. Choirul Amin, MM., Jumadi S.Si., M.Sc., Ph.D., bapak Aditya Saputra, S.Si., M.Sc., Ph.D., dan bapak Dr. Kuswadi Adi Priyono.

0 Komentar