Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Edukasi Masyarakat Melalui KKN Tematik PPD

0 Komentar

Dalam proyek tersebut, Alshela memberi penguatan mengenai konsep puisi dan memandu penyusunan puisi bersama-sama dengan para siswa kelas 6A melalui WhatsApp Group. Di akhir PAS, puisi yang disusun bersama-sama akhirnya membentuk kesatuan, dan berdasarkan puisi tersebut, siswa diminta untuk menyusun puisi baru dan membacakannya melalui video/voice note. Siswa juga diminta untuk menjelaskan makna dari ‘Guru’ untuk meningkatkan tingkat apresiasi mereka terhadap para guru.
Sebanyak 10 orang siswa Alshela berikan pendampingan dalam menyelesaikan tugas melalui japri (jaringan pribadi) pada platform WhatsApp. Selain pada siswa, pendampingan juga dilakukan pada orang tua, mengingat peran para orang tua sangatlah krusial dalam pembelajaran daring ini. Orang tua diminta untuk mengisi form mengenai kesulitan dan saran untuk pelaksanaan pembelajaran daring. Hasil form kemudian didiskusikan dan dipecahkan solusinya bersama-sama.
Selain itu, Alshela juga membuat dan mempublikasikan media edukasi mengenai Covid-19 dalam bentuk poster dan video. Poster dan video tersebut disebarkan kepada orang tua dan siswa dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas dan pemahaman mengenai Covid-19. Hal tersebut disebabkan konten yang dimuat oleh Alshela dalam media edukasi adalah mengenai olahraga yang aman dilakukan selama pandemi serta pentingnya penggunaan masker dalam kehidupan sehari-hari.
Alshela berharap bahwa program yang dilaksanakan tidak hanya olehnya, namun juga mahasiswa lain yang mengikuti KKNT UPI dapat berkontribusi dalam pendidikan di Indonesia, terutama pemberdayaan pembelajaran daring. Semoga pula kasus Covid-19 dapat segera mereda dan seluruh segmen kehidupan manusia di bumi dapat kembali seperti normal bahkan lebih baik lagi.

Laman:

1 2
0 Komentar