Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan

Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan
0 Komentar

Pembuatan media ataupun bahan ajar, dengan adanya AI, maka akan menjadi semakin mudah, guru tidak perlu paham teknologi secara mendetail. Sudah banyak aplikasi dan platform yang tersedia, guru hanya tinggal memilah dan memilih sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal penilaian, Ketiga, dengan adanya AI, Para guru tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menilai tugas peserta didik. Penilaian tugas siswa dapat dilakukan secara otomatis, bahkan analisis butir soal pun sudah bisa diperoleh secara langsung tanpa guru harus melakukan analisis satu per satu. Peserta didik juga mendapat hasil nilai langsung berkat penerapan AI dalam bidang pendidikan. Mereka tak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengetahui nilai mereka. Dengan terbantunya tugas guru dalam meminimalisir waktu dalam menilai, guru akan memiliki banyak waktu untuk lebih fokus pada proses belajar-mengajar.
Dengan penerapan AI, kegiatan belajar dapat dilakukan setiap saat.

Kehadiran aplikasi berbasis AI memberikan kesempatan untuk belajar kapanpun dan dimanapun, tidak terbatas ruang dan waktu. Selain itu, peserta didik juga berkesempatan untuk menemukan guru yang lain selain pengajarnya di sekolah. Dengan adanya platform pendidikan online ini dan tersedianya “guru” yang bisa dipilih, peserta didik memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan guru-guru lain bahkan dengan guru dari negara lain. Pengalaman belajar dan kemampuan peserta didik tentunya akan dapat berkembang dengan lebih baik.

Dengan diterapkannya AI dalam bidang pendidikan, dalam situasi pandemi seperti saat ini, dimana proses pembelajaran telah dipaksa untuk menggunakan moda daring, sangatlah bermanfaat. Kegiatan pembelajaran diubah dari konvensional menjadi online untuk mempermudah penyampaian informasi dan komunikasi antara guru dan peserta didik, dan agar pembelajaran dapat terus berlanjut tanpa beresiko terpapar dengan Covid-19. Berkat berkembangnya AI, kini Guru dapat mengunakan platform-platform pendidikan seperti Edmodo, Ruang Guru, Google Classroom, penggunaan video conference seperti zoom atau google meet. Sarana-sarana tersebut dapat dipergunakan sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran. Dengan kehadiran AI dalam bidang pendidikan, pendidikan diharapkan dapat menjadi lebih baik dan mampu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

0 Komentar