Pentingnya Transparansi dalam Penanganan Pandemi

Pentingnya Transparansi dalam Penanganan Pandemi
0 Komentar

Pada jaman kekhilafahan jika terjadi wabah, khalifah memberikan informasi daerah yang terjangkiti dan segera menutupnya, sehingga wilayah yang tidak terkena wabah bisa beraktivitas normal. Penanganan dilaksanakan cepat dan tepat dengan melakukan tes massal secara massif untuk segera memisahkan antara yang sakit dan yang sehat.

Bantuan berupa kebutuhan pokok akan dijamin oleh khalifah. Informasi apapun tidak akan disembunyikan atau direkayasa agar tidak membingungkan serta meresahkan rakyatnya. Khalifah yang amanah dalam menjalankan dan menerapkan kebijakannya menurut syariah Islam, akan dibantu oleh para pejabat pemerintah yang amanah pula, tujuannya hanya untuk menyelesaikan permasalahan umat.

Islam merupakan agama yang mulia, demikian pula syariatnya dan seluruh ajarannya. Mengamalkan syariat Islam merupakan konsekuensi dari keimanan. Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, seharusnya tidak ada pilihan lain kecuali terikat dengan syariah-Nya dalam seluruh aspek kehidupan. Dalam Islam semua permasalahan pasti ada solusinya karena aturan-aturan yang diterapkan merupakan aturan bersumber dari Allah Swt. Penerapan secara kaffah  atau menyeluruh membutuhkan sebuah sistem pemerintahan Islam yaitu khilafah. Kemampuan khilafah menangani berbagai persoalan tidak diragukan lagi. Takwa individu, masyarakat dan negara yang berdasarkan akidah Islam efektif menanamkan rasa takut kepada Allah agar benar dalam memberikan informasi, benar dalam penanganan serta diliputi tanggung jawab melindungi nyawa rakyat.

Wallahu a’lam bi ash-shawab.

Laman:

1 2
0 Komentar