Lagi-Lagi Rencana Pembukaan TPA Jalupang Mandeg, Ini Alasan Pmkab Subang

TPA Jalupang
INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES MENINJAU: Bupati Subang saat tinjau calon lokasi TPA Jalupang dan melakukan dialog dengan masyarakat terdampak.
0 Komentar

SUBANG-Wacana Pemindahan TPA Panembong ke Jalupang tampaknya masih belum bisa terealisasi dalam waktu dekat. Padahal sebelumnya, Bupati Subang H Ruhimat dalam pekan ini pemindahan bisa terealisasi.

Alasan tertundanya pemindahan TPA Panembong dipaparkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rona Mairansyah. Menurutnya, pemindahan TPA Panembong ke Jalupang masih terkendala dengan akses jalan menuju ke lokasi TPA Jalupang. Meski sebelumnya Bupati Subang Ruhimat, memastikan pekan ini TPA Jalupang sudah bisa dioperasikan.

“Permasalahan sampah sebenarnya menjadi prioritas kita, karena banyak menimbulkan permasalahan baru. Selain bau, yang bisa menjadi sumber penyakit, juga berdampak terhadap bencana alam. Sehingga permasalahan sampah di TPA Panembong yang sudah over kapasitas, dan menimbulkan banyak permasalahan, maka kita membutuhkan TPA yang baru, sekaligus menjadi solusi,” jelas Rona.

Baca Juga:Waduh!!Pembangunan Embung Pamanukan Kembali Ditunda, Ini AlasanyaSantuy, Nonton Kebakaran Pertamina Balongan: Anget Cuy

Rona menuturkan, Bupati Subang sangat konsen terhadap pemindahan TPA berikut permasalahan sampahnya. Berbagai upaya sudah dilakukan seperti studi kelayakan termasuk DED dan amdal-nya sedang proses. Namun kendalanya mengenai akses jalan ke TPA Jalupang, membutuhkan waktu dan biaya cukup besar untuk pembangunannya.

“Tetapi dengan berbagai upaya yang dilakukan pa Bupati, dengan menggandeng Lanud Suryadarma. Sebab, persoalan sampah ini sudah menjadi darurat bencana sampah. Pa Danlanud juga sudah merespon, Alhamdulillah mendukung proses pemindahan TPA Panembong ke Jalupang itu,” jelasnya.

Adanya dukungan dari Danlanud Suryadarma dan Unsur Forkopimda lainnya, sehingga TPA Jalupang harus segera dioperasikan. Persoalan akses jalan, pekan ini juga semua dinas terkait, seperti Dinas PUPR menurunkan alat berat untuk memperbaiki jalan akses tersebut.

“Untuk sementara menunggu pengerjaan akses jalan ke TPA Jalupang, dengan terpaksa sampah dari seluruh wilayah Kabupaten Subang, masih dibuang ke TPA Panembong,” tambah Rona.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Jalupang, Adi Karta. Menurutnya, pemindahan TPA dalam waktu dekat ini belum mungkin terealisasi, sebab akses jalan masih dalam perbaikan. “Sepertinya belum bisa dalam waktu dekat ini, karena akses menuju ke TPA nya saja masih dalam pengerjaan,” ungkapnya.

0 Komentar