Ramadhan Segera Menyapa

Ramadhan Segera Menyapa
0 Komentar

Oleh:

1.Drs. H. Priyono, M.Si.( Wakil Dekan I Fakultas Geografi UMS dan Takmir Masjid Al Ikhlas Desa Sumberejo,Klaten selatan)
2.Dra.Hj.Umrotun,MSi( Dosen Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Tinggal menghitung hari , kata Krisdayanti dalam potongan syair lagunya yang berjudul Menghitung Hari . Tamu special yang kita nanti akan datang ,Siapa lagi kalau bukan Bulan Ramadhan, bulan yang paling ditunggu-tunggu kedatangannya oleh Umat Islam di seluruh dunhia. Di saat itulah umat Islam sejagad menempatkan bulan ini dengan hikmat dan penuh ibadah, bisa dikata tiada hari tanpa ibadah, tiada hari tanpa shadakah dan berbuat kebaikan. Mereka memanfaatkan momen ini untuk investasi sebanyak banyaknya karena Allah telah memberikan pahala khusus dan memberikan predikat yang lebih tinggi.

Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah bahwa ijtimak jelang Ramadan 1442 H terjadi pada Senin Pon, 12 April 2021 pukul 09.33.59 WIB sehingga tanggal 1 Ramadan 1442 H jatuh pada hari Selasa Wage, 13 April 2021 M. Dengan demikian, kita akan akan mulai melaksanakan sholat tarawih pada Senin malam tanggal 12 April 2021. In syaa Allah.

Baca Juga:Politik dan Milenial KitaKENAPA HARUS NYONTEK?

Tidak terasa  kita akan bersua bulan Ramadhan, bulan mulia yang penuh berkah. Bulan teramat sakral, penuh pahala berlipat, penuh ampunan dan yang lebih dahsyat lagi diturunkannya Al Quran sebagai petunjuk, sebagai pengingat akan pedihnya siksa neraka dan memberikan kabar gembira bagi mereka yang mukmin karena selalu berbuat kebaikan, selalu memberi manfaat pada alam seisinya. Kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya sebagai penghibur hati bagi seorang mukmin. Beribu keutamaan, pelipatgandaan pahala, dan terbukanya pintu ampunan Allah SWT memenuhi setiap ruang dan waktu saat Ramadhan. Sebagai seorang Geograf selalu diingatkan kajian obyek geografi dalam koridor ruang dan waktu akan nafas kajian keruangan selalu mewarnainya.

Bulan yang istimewa didalamnya diturunkan kitab suci Al Quran sebagai pembeda yang haq dan batil. Bulan suci yang penuh dengan rahmat, keberkahan, dan ampunan itu sudah semakin dekat. Pertanyaannya, sudakah kita menyiapkan diri menyambut kedatangan tamu istimewa tersebut?

0 Komentar