Mahalnya Harga Sebuah Keadilan

Mahalnya Harga Sebuah Keadilan
0 Komentar

Banyak bukti tercatat dalam sejarah adanya keadilan di tengah masyarakat Islam. Salah satunya adalah kisah sengketa baju besi Khalifah Ali bin Abi Thalib ra. dengan seorang laki-laki Yahudi. Orang Yahudi tadi mengajukan perkara tersebut kepada hakim bernama Syuraih. Di akhir kisah ini justru Yahudi yang dimenangkan oleh hakim Syuraih dengan alasan kesaksian Ali bin Abi Thalib tidak diterima karena mengajukan saksi putranya sendiri,  meskipun beliau adalah seorang Khalifah/pemimpin negara pada masa itu, tetapi tidak kebal hukum, hukum diberlakukan bagi siapa saja yang melakukan kesalahan.

Kisah di atas menunjukan bahwa keadilan telah ditegakkan walau yang bersengketa adalah seorang kepala negara  dengan rakyat biasa yang non-Muslim.

Hakikat keadilan akan nampak jelas dan berhasil terwujud ketika syariat Islam diterapkan secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari melalui tegaknya sistem Islam seperti pada masa Rasulullah saw. hingga runtuhnya Daulah Khilafah Islamiyah di Turki pada 3 Maret 1924.

Wallahu ‘Alam bi Ashawab

Laman:

1 2
0 Komentar