Rendahnya Kesadaran Masyarakat, akan Pentingnya Kebersihan

Rendahnya Kesadaran Masyarakat, akan Pentingnya Kebersihan
0 Komentar

Oleh Sujilah
Pegiat Literasi

Persoalan sampah memang tidak akan pernah ada habisnya, sayangnya tidak banyak orang yang peduli dengan pengelolaan sampah, bahkan masih banyak yang membuang sampah di sembarang tempat, seperti di pinggir jalan, lapangan, sungai dan selokan.

Fakta itu pulalah yg menginisiasi KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) untuk bersama-sama membersihkan tumpukan sampah di pinggir lapangan Cendol, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Sebanyak 800 karung lebih sampah berhasil dipungut dari lapangan Cendol Desa Cinunuk, Cileunyi. Gerakan pembersihan yang dilakukan oleh Rw 05 dan Rw 10 Cinunuk ini melibatkan ratusan masa yang peduli. Yang dipimpin oleh Kades Cinunuk, Babinsa, Bhanninkamtibmas BPD dan LPMD Cinunuk dan dibantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bandung. Serta turut hadir juga perangkat desa, kader PKK, karang taruna dan masyarakat lainnya.

Baca Juga:Wasiat Ki Hadjar Dewantoro Bagian 8 “Modal Budaya”Memaknai Survey Kecil untuk Keberlangsungan Program Studi

Dari 800 karung sampah yang berhasil dipungut tersebut, baru 300 yang bisa terangkut dan dibuang ke TPS Sarimukti. Dalam pembersihan sampah di lapangan Cendol dari pagi hingga siang berjalan dengan lancar dan tumpukan sampah yang asalnya menumpuk dan mengganggu pemandangan akhirnya bersih. (Cinunuk.desa.Id (21/3/2021)

Menurut Riki anggota DPRD Bandung, penanganan sampah tak cukup dengan upaya pembersihan. Penanganan sampah harus diawali dari individu, kelompok dan pejabat setempat semisal Rt dan Rw. Makanya di sinilah pentingnya edukasi terhadap masyarakat bagaimana cara yang baik dalam menangani sampah supaya tidak menumpuk lagi. Serta menyadarkan orang-orang yang kerap membuang sampah di situ, agar hatinya tergugah supaya tidak membuang sampah sembarangan. (Dikutip Galajabar.com, Minggu, 21/3/2021)

Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan masih rendah, bahwa kebersihan sebagian dari iman. Seandainya lingkungan bersih akan menciptakan rasa nyaman dan sehat bagi setiap individu yang tinggal di sekitarnya. Tidak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan dalam lingkungan masyarakat. Buktinya saja dari fakta di atas banyaknya sampah menumpuk, yang diakibatkan kesadaran masyarakat yang kurang dalam membuang sampah, tidak pada tempatnya akan menimbulkan bencana yang lebih besar.

Seperti kita ketahui bencana banjir tidak hanya disebabkan hujan yang lebat tetapi karena orang-orang membuang sampah sembarangan di sungai, yang mengakibatkan tidak lancarnya aliran sungai, sehingga volume air meluap ke pemukiman warga, dan orang lain kena dampaknya.

0 Komentar