Dilarang Mudik Disarankan Piknik

Dilarang Mudik Disarankan Piknik
CERIA: Para wisatawan nampak ceria saat mengelilingi Kota Lembang dengan menumpangi kendaraan khusus yang disediakan pengelola objek wisata Farm House.
0 Komentar

LEMBANG-Iklim pariwisata di Jawa Barat termasuk di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal tumbuh. Apalagi setelah adanya pelarangan mudik dan dorongan dari pemerintah pusat untuk berwisata.

Sekadar diketahui pemerintah pusat resmi melakukan pelarangan terhadap aktivitas mudik bagi masyarakat menghadapi Idul Fitri 2021. Pelarangan mudik tersebut berlaku sejak tanggal 6 sampai 17 Mei.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan pada libur Lebaran nanti, pihaknya mengandalkan wisatawan lokal Jabar mengingat tak boleh ada perjalanan antardaerah. “Pemerintah memang melarang mudik. Mudik ini kan filosofinya kembali ke kampung halaman. Berbeda dengan piknik, nah untuk libur lebaran sendiri, kita targetkan wisatawan lokal yang piknik. Misalnya dari Bandung ke Lembang, kan tidak dilarang,” ungkap Dedi saat ditemui di Lembang, Minggu (11/4).

Baca Juga:Ajak Masyarakat Beribadah Khusyuk di Bulan RamadanSatpol PP Bakal Awasi Ketat Tempat Ngabuburit di Subang

Kendati diperbolehkan, namun pihaknya meminta agar masyarakat dan pengelola wisata tetap mengedepankan pencegahan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Kalau piknik di jabar prokesnya yang diutamakan, yakni 3M dan 3T. Di Jabar sendiri ada 770 wisata, hotel, dan kuliner punya CHSE. Jabar itu kan lintasan dan kunjungan sebenarnya, ada 108 destinasi wisata di Jabar jadi sasaran kunjungan,” terangnya.

Wisata di Jawa Barat sendiri diklaim kalah pamor dengan wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur selama pandemi Covid-19. Hal itu setelah terjadi pergeseran wisatawan dari Jawa Barat ke wilayah timur. “Untuk Jabar sebenarnya masih diminati. Dari kunjungan wisatawan saat pandemi, dari 62 juta wisatawan nusantara yang berkunjung ke Jabar 30 jutaan,” terangnya.

“Jadi saya pikir kalau melihat angka tadi saya katakan dari pertumbuhan ekonomi, terutama PDRB kita lebih tinggi dari Jateng. Dan intinya Jabar masih diminati,” kata Dedi menambahkan.

Menurut Dedi Jawa Barat bisa dikatakan merupakan lintasan dan tujuan para wisatawan. Ada ratusan objek wisata di Jawa Barat yang menurutnya diminati pengunjung yang datang ke Jawa Barat. “Salah satunya di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan berbagai wisata alam dan wisata buatannya. Sebut saja Curug Malela, Saguling, Farmhouse, The Lodge dan sebagainya,” tandasnya.(je/sep)

0 Komentar