Meraih Sukses di Bulan Ramadhan

Meraih Sukses di Bulan Ramadhan
0 Komentar

Ibnu Baththal rahimahullah mengatakan, “Yang dimaksud karena iman adalah membenarkan wajibnya puasa dan ganjaran dari Allah SWT ketika seseorang berpuasa dan melaksanakan qiyam Ramadan”. (Syarh Al Bukhari libni Baththal, 7: 22).
Oleh karena itu, jelang Ramadhan ini merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk mengukuhkan keimanan. Tidak hanya puasa, namun juga kewajiban lainnya seperti shalat, membaca Alquran, menuntut ilmu, berdakwah menegakkan syariat Allah, berbakti pada orang tua, berbuat baik pada tetangga, dan lain sebagainya.

Kedua, persiapan ilmu.
Aktivitas Ramadhan merupakan rangkaian ibadah yang memiliki nilai kemuliaan. Keistimewaannya bisa diperoleh apabila dikerjakan secara benar sesuai tuntutan Rasulullah saw.
Dalam Islam, kedudukan ilmu sangatlah penting. Banyak dalil yang menjelaskannya. Di antaranya adalah:
“Dan janganlah engkau ikuti apa yang engkau tidak mempunyai ilmu tentangnya, sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya itu akan ditanya.” (QS Al-Isra’: 36).
Dengan berbekal ilmu kita bisa mengetahui mana perkara yang dilarang dan yang diperintahkan Allah. Ilmu laksana cahaya, akan menerangi ke jalan kebenaran dan akan menyelamatkan dari terjerumus pada kemaksiatan. Ilmu akan menyelamatkan kita dari kesia-siaan dan kekosongan pahala amal.

Ketiga, persiapan program.
Bertemu Bulan Ramadhan adalah kesempatan berharga, yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Membuat program optimalisasi amaliah Ramadhan merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas diri seperti muhasabah dan evaluasi.
Untuk itu, mari maksimalkan diri lewat berbagai rencana kegiatan bermanfaat. Semoga setiap hal yang diniatkan dan diusahakan bisa mendatangkan banyak manfaat, berkah, rahmat dari Allah SWT. Serta mewujudkan ketaatan secara totalitas yakni dengan menerapkan hukum syariah di setiap lini kehidupan.

Allahu a’lam bisshawab

Laman:

1 2
0 Komentar