Harga Pangan Melambung, Emak-Emak Bingung

Harga Pangan Melambung, Emak-Emak Bingung
0 Komentar

Islam memiliki politik ekonomi yang akan melaksanakan berbagai kebijakan untuk mengatur dan menyelesaikan permasalahan rakyat dalam bidang ekonomi. Penerapan berbagai kebijakan terkait pemenuhan pangan akan dijamin demi tercapainya pemenuhan semua kebutuhan pokok tiap individu masyarakat secara keseluruhan.

Urusan keadilan pangan tidak lepas dari perhatian Nabi Muhammad Saw pada masanya. Dalam kitab I’anatuth Tholibin, karya Sayyid al-Bakri menggambarkan bagaimana ketegasan nabi terhadap potensi ketiakadilan pangan ulah para penimbun yang menyebabkan melangitnya harga. Sampai-sampai rakyat miskin tidak mampu membeli makanan sehingga nabi menyebut para penimbun (muhtakir) itu sebagai dosa besar dan dikutuk oleh Allah.

Alhasil, dalam pemerintahan Islam kebutuhan pokok menjadi tanggung jawab negara baik dalam penyediaan maupun distribusinya. Demikianlah, indahnya sistem Islam jika diterapkan di seluruh aspek kehidupan. Keberkahannya akan memancar ke seluruh alam. Kebaikan sistem Islam senantiasa menaungi dunia dan seisinya. Keadilannya dirasakan tak hanya bagi umat Islam namun juga umat selain Islam.

Wallahua’lam.

Laman:

1 2
0 Komentar