Sudah Mulai Langka, Ini Tujuh Jenis Permainan Tradisional Paling Seru Ini

Sudah Mulai Langka, Ini Tujuh Jenis Permainan Tradisional Paling Seru Ini
0 Komentar

1.kelereng

Apa kalian masi ingat dengan permainan kelereg ini dulu kita pernah memainkannya waktu kecil ,permainan ini sangat seru ,apa lagi bermain bareng ama kawan .

Kelereng, permainan bola kaca ini adalah adalah salah satu jenis permainan tradisional Indonesia yang populer di tahun 80-an sampai 2000-an. Kelereng yang juga populer disebut gundu adalah sebuah bola kecil yang dibuat dari tanah liat, marmer atau kaca. Punya warna dan corak dalam yang bervariatif dan cantik, kelereng juga sering dijadikan sebagai barang koleksi oleh pencintanya.

  1. Layang-layang

Siapa yang ga kenal ama layang lanyang pasti pada tau lah, waktu lecil kita rela bermain layang layang di bawah terik matahari yg sangat panas demi terbang sebuah layang layng .

Baca Juga:Lima Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Kalian KunjungiDaftar Tujuh Kuliner Khas Purwakarta Yang Wajib Kamu Coba

Ini dia permainan tradisional Indonesia yang popularitasnya bersifat musiman, layang-layang! Ya, layang-layang adalah sebuah mainan yang terbuat dari kertas yang dibentuk dengan kerangka kayu tipis, agar bisa diterbangkan ke udara. Untuk mengontrol arah terbang dan ketinggiannya, layang-layang dikaitkan dengan tali. Bentuknya pun vatiatif. Mulai dari yang berbentuk bangun datar berukuran sedang, sampai yang memiliki tiga dimensi dengan ukuran raksasa.

Selain dijadikan sebagai mainan untuk bersenang-senang ataupun perlombaan, layangan juga sering difungsikan di berbagai hal lain. Mulai dari sebagai alat bantu memancing, pelengkap ritual, alat bantu penelitian ilmiah, serta menjadi media energi alternatif.

  1. Lompat Karet

Duh, masa kecilmu rasanya nggak lengkap kalau belum pernah bermain lompat karet bareng teman-teman. Meski hanya menggunakan alat sederhana, yakni karet yang kaitkan hingga memanjang, bermain lompat karet butuh keahlian, lho!

Dibutuhkan kelenturan dan kegesitan tubuh yang extra untuk melewati tali karet dalam permainan tradisional ini. Tenang, kalau kamu bermain berpasangan dan merasa kurang lihai memainkannya, kamu bisa jadi anak bawang yang bisa selalu dibantu oleh rekanmu. Hayo, kamu salah satu yang jadi anak bawang nggak, nih?

  1. Petak umpet

Permainan tradisional Indonesia ini bisa kamu mainkan bahkan tanpa alat apapun, tapi lebih klo bermain sama teman tenman kalian!

0 Komentar