Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pengintegrasian Workshop dengan Publikasi Guru

Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pengintegrasian Workshop dengan Publikasi Guru
0 Komentar

Kompetensi yang harus dimiliki guru salah satunya adalah kemampuan menulis. Menulis adalah suatu keterampilan berbahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi untuk memaparkan buah pikiran dan perasaan yang teratur melaui tulisan,lambang,grafik untuk dapat dipahami oleh orang lain.  Kegiatan utama guru dalam proses kegiatan belajar mengajar dikelas bersama anak didiknya adalah mengkomunikasikan mata pelajaran yang diampunya dengan menulis. Melalui tulisan dia memaparkan apa yang dia ajarkan sehingga informasi atau ilmu yang diajarkan menjadi jelas. Guru harus meningkatkan kemampuan menulisnya dengan baik .

Guru juga dituntut untuk meningkatkan kompetensi dan keprofesionalan mereka dalam mengajar dan membuat karya tulis ilmiah, serta melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research yang harus di publikasikan, untuk guru-guru PNS sudah menjadi ketentuan untuk dapat naik golongan harus dapat membuat karya tulis ilmiah, PTK yang harus di publikasikan jadi guru harus rajin menulis.

Kegitan webinar tentang pelatihan menulis ilmiah untuk guru yang bisa diikuti sebagai ajang meningkatkan kompetensi menulis, diajang webinar tersebut guru dituntut untuk praktek membuat tulisan yang  bisa dipublikasikan. Banyak guru mengalami hambatan untuk mulai menulis, karena tidak ada paksaan atau motivasi untuk menulis.  Kegiatan workshop guru akan mendorong untuk menulis dan menjadi penulis pemula hingga nantinya diharapkan dapat menjadi penulis handal dan kegiatan menulis menjadi hal yang menyenangkan, dan selalu ingin menulis .Untuk bisa menulis harus ada kemauan dan rajin membaca, rajin mendengar dan juga rajin menulis, hingga kita bisa menulis kapanpun,dimanapun dengan menggunakan media teknologi saat ini dan kita simpan lalu kita publikasikannya

Baca Juga:Antara Kerinduan dan Kebijakan MudikPinjaman Online Menjerat Rakyat

Publikasi sebuah karya tulis itu menjadi motivasi tersendiri bagi para penulis pemula, sehingga memicu untuk selalu ingin menulis dan berbagi ide-ide nya dalam bentuk tulisan. Publikasi adalah bagian dari penghargaan besar bagi penulis, karena itu berarti ide-ide buah pikirnya dapat di terima oleh semua kalangan. Dalam kegiatan workshop pelatihan menulis untuk kalangan guru bisa dijadikan ajang untuk mengumpulkan bentuk-bentuk karya tulisan guru lalu dibuat buku dan di publikasikan sehingga bermanfaat untu orang banyak. Pengintegrasian workshop dengan publikasi guru ini juga dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan.

0 Komentar