Sinergi Dosen dan Guru Geografi untuk Tingkatkan Publikasi

Sinergi Dosen dan Guru Geografi untuk Tingkatkan Publikasi
0 Komentar

Inilah workshop yang sebenarnya artinya mereka saling berinteraksi secara inten untuk memahami materi yang disajikan, bahkan komunikasi substansi dilanjut lewat wa grup yang telah didesign untuk pendalaman materi. Workshop ini harus berakhir dengan produk yang dihasilkan oleh peserta baik berupa buku berisbn dan atau artikel publish jurnal . Jika dalam bentuk buku hampir pasti terwujud karena sudah 7 artkel publish dan 6 artikel sedang direview untuk disempurnakan. Antusias peserta yang luar luar bisa  menjadikan produk buku akan menjadi keniscayaan dalam 2 bulan ke depan.

Namun, bagi Ani Sulistyorini, M.Pd., guru geografi SMAN 92 Jakarta, Workshop Tips Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi yang diselenggarakan Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Geografi DKI Jakarta, jauh berbeda. Sambil berlinang air mata, guru yang sebetulnya ceria tersebut menyatakan bersyukur bisa ikut kegiatan tersebut. Ia memang tidak menyangka pada awalnya bisa menulis artikel. Namun, proses dalam workshop tersebut membuktikan bahwa ia mampu menghasilkan dua artikel dan telah dipublikasi. Demikian pula testimoni yang disampaikan enam guru lainnya. Mereka sangat bersyukur karena mendapat “daging” dalam workshop yang berkualitas. Workshop ini sukses menghasilkan produk.

Produk tersebut berupa artikel yang sudah di-publish yaitu: 

  1. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pengintegrasian Workshop dengan Publikasi Guru. Dimuat di htpps://pasundan.jabarekspres.com, ditulis oleh Ani Sulistyorini, M.Pd.
  2. Menggenjot Publikasi di Masa Pandemi. Dimuat di beritadisdik.com, ditulis oleh Ani Sulistyorini, M.Pd.
  3. Vaksinasi: Dari Harapan Tatap Maya Menuju Tatap Muka. Dimuat di http://pasundan.jabarekspres.com, ditulis oleh Iman Fathurohman, M.Pd.
  4. Menulis Itu (Tidak) Mudah. Dimuat di http://pasundan.jabarekspres.com, ditulis oleh Temy Yulianti
  5. Masker Pencegah Covid-19 dan Perilaku Manusia. Dimuat di http://pasundan.jabarekspres.com, ditulis oleh Wawan Ihwanul Hakim, M.Si.
  6. Di Balik Covid-19: Guru Konsisten Menanamkan Keuletan dan Kejujuran. Dimuat di beritadisdik.com, ditulis oleh Muhammad Salamun, Gr., S.Pd.
  7. Korban (Nilai) PJJ Berjatuhan, Al-Qur`an Solusinya. Dimuat di http://pasundan.jabarekspres.com, ditulis oleh Hanum Suroyya, M.Si.
0 Komentar