Setelah Ramadhan ………..?

Setelah Ramadhan ………..?
0 Komentar

Ayat tersebut menuturkan bahwa orang yang hatinya selalu dekat dengan masjid itu syarat utamanya adalah orang yang baik habluminalloh dan baik juga habluminanas. Ada dimensi ke Tuhanan dan dimensi kemanusiaan. Orang yang hatinya dekat dengan Allah kemudian dilanjutkan dengan berbuat baik kepada machluk ciptaanNya. Orang yang imannya bagus , yang kemudian dari pancaran iman tersebut menghasilkan karakter manusia yang bagus pula yang tercermin dalam hubungan sesama manusia yang baik. Oleh karena itu memperbaiki iman, itu yang utama dan yang pertama karena iman yang bagus akan menghasilkan manusia yang akhlaknya juga bagus.

Semangat membangun masjid di Indonesia, sangat luar biasa, namun grirah positif ini belum sepenuhnya diimbangi dengan memakmurkan jamaah. Kita amati di lingkungan sekitar kita bahkan jika kita bepergian ke luar kota , di sepanjang kiri kanan jalan besar kita lihat masjid yang megah dan besar dan artistis. Masjid saat bulan ramadhan sangat makmur, saat sholat jumat juga demikian, tetapi tidak pada shalat wajib harian. Ini yang masih memprihatinkan.Bahkan ada hasil survei di DIY, mereka yang memakmurkan masjid baru sekitar 11-12 persen dari kapasitas.

Jadi setelah usai bulan tarbiyah mestinya harus ada evaluasi terhadap diri kita masing masing , apakah proses pendidikan mental yang kita laksanakan selama sebulan penuh akan membawa perubahan pada perilaku kita di 11 bulan kedepan dan jika ia, kenapa bisa begitu, demikian juga sebaliknya, jika tidak ada perubahan , mengapa? Apakah perilaku kita mulai dari berdisiplin sholatnya, memberikan infak yang istiqamah, melaksanakan sholat berjamaah di masjid, melakukan sholat tahajud, selalu ingin berbuat baik, menjaga lisan dan anggota badan kita dari perbuatan yang tercela. Dan apakah perilaku kita sudah dapat memberikan pengaruh yang nyata terhadap orang orang di sekitar kita baik dalam pergaulan di lingkup kerja maupun masyarakat. Itulah makna dari Hadits yang berbunyi : Ibadah kita hari ini harus lebih baik dari yang kemarin dan ibadah kita esok harus lebih baik dari ibadah saat ini. Itulah sebuah perubahan kea arah yang lebih baik.

0 Komentar