Kreatif, Pria Asal Purwakarta Ubah PVC Jadi Miniatur Kendaraan

Miniatur Kendaraan dari PVC
MINIATUR. Jaelani saat memraktikkan pembuatan miniatur yang menjadi keahliannya. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

PURWAKARTA-Belum banyak yang mengetahui jika di Kabupaten Purwakarta ada seorang pria yang mahir membuat miniatur berbagai jenis kendaraan berbahan dasar PVC. Padahal, karyanya itu sudah melanglang hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Adalah Jaelani, warga Kampung Simpang, RT 47/RW 03, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta, sejak 2010 telah menekuni kerajinan miniatur.

Awalnya, bapak satu anak ini menggunakan kardus bekas sebagai bahan utamanya. Namun, dalam perkembangannya, Jaelani kemudian beralih ke PVC karena hasilnya yang lebih baik dan awet.

Baca Juga:DPRD Karawang Susun Regulasi Pelayanan KesehatanUrban Kayou Tumbuhkan Ekonomi Kreatif

“Awalnya bikin dari kardus. Itu juga demi anak yang kerap merengek minta dibelikan mainan,” kata Jaelani menuturkan ihwal dirinya membuat miniatur kendaraan, belum lama ini.

Jaelani yang mengaku belajar membuat miniatur secara otodidak dengan panduan video tutorial di YouTube ini pun membuat miniatur kendaraan seperti mobil dan sepeda motor.

“Sayangnya, anak saya tak begitu tertarik dengan mainan yang saya buat. Karena lebih menyukai robot-robotan ketimbang miniatur kendaraan. Bahkan saya buatkan miniatur kereta api hingga kapal-kapalan, tapi tetap saja maunya robot,” ujarnya.

Tak ingin mubazir atau dikasihkan begitu saja, Jaelani pun mencoba memosting hasil karyanya di akun sosial media pribadinya. Ternyata, banyak yang merespons positif hingga ada yang berani membelinya. Nah, sejak itu diriya memutuskan untuk menggeluti kerajinan miniatur.

“Alhamdulillah saat ini sudah banyak yang terjual. Yang beli dari lokal Purwakarta ada, tapi kebanyakan dari luar Purwakarta. Bahkan, sampai ke Kalimantan juga ada,” ucapnya.

Meski cukup sukses menjadi perajin miniatur, namun Jaelani masih berstatus sebagai karyawan swasta di salah satu perusahaan di Purwakarta. Jadi, miniatur akan dibuatnya apabila ada pesanan.

“Dikerjakan di malam hari atau di waktu luang. Satu hari itu busa membuat miniatur sepeda motor. Mobil boks juga satu hari, paling lama itu membuat kereta api karena ngepasin ban sama rel keretanya cukup sulit,” kata Jaelani.

Baca Juga:Dusun Waluya Desa Kutawaluya Dilockdown Satgas Covid-19 KarawangJalan Cor Beton Tumbuhkan Roda Perekonomian

Adapun bahan dasar yang digunakan Jaelani untuk membuat beragam miniatur itu adalah PVC ukuran 2 sampai 5 milimeter, cat, kabel dan bahan-bahan penunjang lainnya yang diperlukan.

0 Komentar