Eddy Sukardi, Uwa dari Airlangga Hartarto yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Sukabumi

Eddy Sukardi, Uwa dari Airlangga Hartarto yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Sukabumi
Eddy Sukardi, Uwa dari Airlangga Hartarto yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Sukabumi
0 Komentar

BandungGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana untuk memberikan penamaan baru pada ruas jalan di Sukabumi, Juli mendatang. Nama jalan ini untuk menghormati jasa salah satu pahlawan kemerdekaan asal Jabar, yakni Kolonel Eddy Sukardi.

Eddy Sukardi, berjasa selama masa perang kemerdekaan RI. Saat menjabat sebagai Komandan Resimen III TKR dengan pangkat Letnan Kolonel,  ia memimpin perang terhadap pasukan sekutu yang dipimpin Inggris, di sepanjang jalur  Bojongkokosan, Sukabumi – Cianjur.

Dalam pertempuran yang terjadi Desember 1945 – Maret 1946, Eddy dan pasukannya berhasil membuat tentara Inggris, dan pasukan Gurkha, kocar-kacir. Banyak serdadu yang gugur. Bahkan 150 kendaraan tempur hancur, termasuk tank Sherman, kendaraan tempur legendaris dalam Perang Dunia II.

Baca Juga:Soal Tanah Ex Erpacht Verponding 12, Warga Berharap Kehadiran PemerintahGol Tunggal Romelu Lukaku Antar Belgia Bungkam Kroasia

Akibat kerugian itu, membuat parlemen Inggris marah karena banyaknya  korban dari pihak mereka. Peristiwa itu dikenal sebagai Palagan Bojongkokosan.

Selepas perang Eddy sempat menjadi panglima di Kalimantan. Ia mengakhiri kariernya sebagai tentara pada 1957 dengan pangkat kolonel. Pada 5 September 2014, Eddy meninggal dunia di Bandung. Sejarah mencatat keberanian dan perjuangannya semasa perang kemerdekaan sebagai salah satu komandan gerilyawan Indonesia yang disegani militer Inggris pada 1946.

Atas jasa-jasa Kolonel Eddy Sukardi itu, maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat hendak mengabadikan namanya menjadi nama jalan di Sukabumi. Rencana penamaan itu juga dibahas dalam pertemuan antara Ridwan Kamil dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Melaporkan bahwa akan ada nama jalan di Sukabumi Jawa Barat yang diberi nama Jalan Eddy Sukardi, pahlawan Jawa Barat, yang kebetulan adalah pakde atau uwa dari Pak Airlangga dari pihak ibu,” tulis Emil.

Rencana penamaan jalan ‘Eddy Sukardi’ ini akan menjadi kelanjutan dari jalan ‘RH Didi Sukardi’ yang terletak di Kecamatan Citamiang, Sukabumi. Didi Sukardi kebetulan adalah ayah dari Eddy Sukardi sekaligus  atau kakek  dari Menko Airlangga.

Pemkab Sukabumi, terlebih dulu menamakan jalan utama di Kecamatan Citamiang, dengan nama jalan RH Didi Sukardi, untuk mengenang jasa-jasa beliau. Didi Sukardi pernah menjabat sebagai Menteri Negara Federal Pasundan. Bahkan Didi Sukardi adalah salah satu perintis kemerdekaan pers Indonesia.

0 Komentar