Mudahkan Distribusi ke Daerah, Peti Mati Pasien Covid-19 Dititip di Kecamatan

Mudahkan Distribusi ke Daerah, Peti Mati Pasien Covid-19 Dititip di Kecamatan
USEP SAEPULLOH/PASUNDAN EKSPRES BERI KETERANGAN: Kepala Dinas Kesehatan Karawang Endang saat diwawancarai awak media, kemarin.
0 Komentar

KARAWANG-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang, berencana menitipkan peti mati khusus pasien Covid-19 di setiap kecamatan. Hal itu dilakukan untuk memudahkan distribusi kepada masyarakat khususnya yang berada di daerah.

Kadinkes Karawang, Endang mengatakan, seharusnya peti mati khusus pasien Covid-19 itu berada di dinas PRKP, namun sudah terlanjur dianggarkan di Dinkes. Dan ada kesulitan distribusi khususnya ke daerah-daerah yang jauh dari wilayah kota. Oleh sebab itu, pihaknya berencana menitipkan peti mati itu ke perwakilan kecamatan-kecamatan. “Seperti contohnya di daerah Tegalwaru nanti bisa diambil di Kecamatan Pangkalan, atau daerah Cilamaya dan Tempuran bisa diambil di Kecamatan Lemahabang. Hal itu agar tidak terlalu lama saat proses pengambilannya,” ujar Endang.

Dikatakan, untuk ketersediaan peti mati, bakal dicukupkan. Sebab yang meninggal itu cukup banyak. “Total yang meninggal sudah 600 orang lebih, dan sebenarnya ketersediaan peti pati itu sudah habis tapi nanti kita tambah lagi ketersediannya,” katanya.

Baca Juga:Komisioner KPAD Akan Lakukan Beragam InovasiPelabuhan Patimban Akan Kedatangan Kapal Tol Laut, KSOP Optimalisasi Konektivitas

Oleh sebab itu, lanjut Endang, pihaknya mengimbau agar tetap menerapkan protokol Kesehatan dan melakukan vaksinasi. “Kunci utamanya itu menerapkan 5 M itu tadi,” katanya.

Menurutnya, fungsi vaksin itu untuk mengurangi efek samping dari virus yang masuk ke tubuh. Jadi warga juga harus mengikuti vaksinasi, meskipun kemungkinan terkena Covid masih ada namun efeknya tidak akan terlalu berat. “Kami juga berharap masyarakat tidak panik dan mengikuti vaksin yang sudah disiapkan,” katanya.(use/sep)

0 Komentar