Boleh Piknik!!Objek Wisata di KBB Kembali Dibuka

Boleh Piknik!!Objek Wisata di KBB Kembali Dibuka
DOK. PASUNDAN EKSPRES CEK SUHU: Petugas di gerbang tiket masuk TWA Gunung Tangkubanparahu memperketat protokol kesehatan kepada pengunjung.
0 Komentar

NGAMPRAH-Para pelaku parawisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali bisa bernafas lega, setelah Pemerintah Daerah membuka kembali izin operasional wisata. Hal itu hasil dari evaluasi terbaru Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat yang menyatakan KBB kembali menjadi zona oranye.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Heri Partomo mengatakan jika objek wisata di KBB saat ini sudah diizinkan kembali beroperasi menindaklanjuti hasil evaluasi terbaru Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat. “Berhubung KBB ada pada zona oranye, otomatis destinasi wisata dibuka kembali sesuai ketentuan,” kata Heri saat dihubungi, kemarin.

Meski demikian, kata dia, ada syarat yang wajib dipatuhi para pengelola wisata saat membuka kembali wisatanya yakni penerapan protokol kesehatan secara ketat, di antaranya penerapan carrying capacity 25 persen. “Untuk carrying capacity itu 25 persen dan wajib dipatuhi. Lalu untuk jam operasional maksimal sampai jam 18.00 WIB. Kita ingatkan pengelola dan pengunjung untuk disiplin menerapkan prokes,” jelasnya.

Baca Juga:Antisipasi Pergeseran Klaster Industri ke KeluargaSusah Pelanggan akibat Pandemi, Mawar Jajakan Diri Gunakan Aplikasi Percakapan Agar Dapat Pelanggan

Heri menjelaskan, sebetulnya penutupan tempat wisata mulai berlaku perhari Rabu 16 Juni 2021. Pihaknya mematuhi istruksi gubernur yang meminta menekan kedatangan wisatawan dari luar daerah selama sepekan untuk menanggulangi lonjakan kasus Covid-19. “Sesuai instruksi gubernur agar wilayah yang zona merah yakni Kabupaten Bandung dan Bandung Barat menutup aktivitas tempat wisata selama tujuh hari,” jelasnya.

Diizinkannya objek wisata beroperasi lagi lantaran berdasarkan hasil evaluasi zona sebaran Covid-19 terbaru KBB kini sudah kembali ke zona oranye atau daerah risiko sedang penyebaran Covid-19.

Padahal pada Rabu (23/6/2021), Pemerintah Daerah (Pemda) KBB melakukan perpanjangan masa penutupan seluruh objek wisata karena KBB masih bertahan di zona merah penyebaran Covid-19 hingga 29 Juni mendatang. “Mengacu data Pikobar sejak tadi malam, KBB sudah zona oranye jadi objek wisata kembali bisa beroperasi,” kata Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, di Padalarang, Kamis (24/6).

Menurutnya secara aturan tim Satgas Covid-19, jika sudah masuk zona oranye maka objek wisata bisa kembali dibuka. Tinggal bagaimana kesiapan dari para pelaku wisatanya apakah mereka akan langsung buka atau menunggu kasus Covid-19 benar-benar turun.

0 Komentar