Perang Manusia vs Wabah

Perang Manusia vs Wabah
0 Komentar

AKAN jadi cerita yang sangat panjang jika diurai secara rinci bagaimana sesungguhnya manusia bisa bertahan dari pandemi. Sebelum Covid-19, banyak penyakit yang pernah mewabah hingga membunuh ratusan ribu hingga jutaan umat manusia.

Rentang waktu peristiwa wabah di dunia ini akan kita mulai dari waktu sebelum Nabi Isa lahir atau orang Barat biasa menyebut BC (before christ) atau kita menyebutnya sebelum masehi (SM). Hingga lahirnya pandemic Covid-19 di tahun 2019. Manusia tidak berhenti berperang.

Jika disatukan, kematian akibat wabah jauh lebih besar dari Perang Dunia I dan II sekalipun. Berikut rinciannya diolah dari berbagai sumber:

Baca Juga:Indonesia dan Australia Jalin Kerjasama Pemulihan Ekonomi, Airlangga: untuk Indonesia menjadi high-income countryTekun Layani Nasabah 24 Jam, AgenBRILink Ini Kini Punya Kos-Kosan

  1. 430 B.C–Wabah di Athena

Wabah ini menyebar di Athena. Muncul kulit ruam merah, demam, seperti kesulitan bernafas, hingga batuk berdarah. Faktor wabah ini menjadi penyebab besar kekalahan Athena saat diserang bangsa Spartan.

  1. Tahun 165 AD/Masehi–Wabah Antonine

Wabah ini diyakini dibawa oleh Bangsa Han yang menyerang Eropa. Bangsa Han diyakini dari Asia. Pandai memanah dan menunggang kuda. Mereka masuk ke wilayah Jerman hingga menulari imperium Romawi. Gejalanya demam berkepanjangan, sakit tenggorokan, diare. Wabah ini bertahan hingga hampir 15 tahun. Wabah akhirnya merenggut kaisar Romawi Marcus Aurelius.

  1. Tahun 250 AD/Masehi–Wabah Cyprian

Wabah ini diyakini pertama kali muncul dari Ethiopia. Kemudian menyebar ke Afrika Utara, Roma dan Mesir. Yang terinveksi merasakan matinya jaringan tangan dan kaki, muncul borok, muntah-muntah dan demam. Diyakini setelah tiga abad, tepatanya sekitar tahun 444, wabah ini kemudian muncul di Inggris.

  1. Tahun 541 AD/Masehi–Wabah Justinian

Diyakini pertama kali muncul di Mesir kemudian menyebar ke Palestina hingga Imperium Bizantium lalu ke dataran Mediterania. Wabah ini mengubah sejarah kekaisaran. Mengakibatkan merosotnya ekonomi Imperium Romawi. Wabah ini diyakini wabah terbesar pertama hingga 26 persen populasi dunia punah. Wabah diduga dibawa tikus. Yang terinfeksi mengalami demam dan kerusakan sistem limpa.

  1. Abad 11/tahun 1001–Wabah Kusta

Wabah ini menyebar di Eropa. Saat itu penyebaran agama Kristen tengah menguat. Otoritas gereja pun diakui negara dan masyarakat luas. Hingga wabah ini sering disebut penyakit kutukan Tuhan. Tapi wabah ini kemudian mendorong berdirinya banyak rumah sakit kusta. Tentu Anda sudah tahu seperti apa penyakit kusta. Dalam kondisi parah, jari tangan dan kaki akan putus.

0 Komentar