Strategi Bisnis BRI Dorong Pasar Berekspektasi Tinggi

Strategi Bisnis BRI Dorong Pasar Berekspektasi Tinggi
0 Komentar

JAKARTA – Holding BUMN Ultra Mikro (UMi) yang dipimpin oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk diproyeksikan akan menjadi pendorong penguatan harga sahamnya di market, seperti saat merger tiga bank syariah (BRIS) dan transformasi digital BRI Agro (AGRO).

Analis pasar modal sekaligus ekonom dari LBP Institute Lucky Bayu Purnomo mengatakan ada beberapa faktor yang membuat pasar selalu menaruh optimisme pada saham bank berticker BBRI tersebut.

Dia menilai BRI adalah bank yang memiliki ekosistem keuangan terintegrasi dengan core business di sektor mikro dan UMKM. Seperti diketahui, bank dengan jejaring terluas di Tanah Air itu fokus menyasar UMKM. Lucky menilai hal itu sebagai tulang punggung BRI yang memiliki fundamental cukup kuat dan solid.

Baca Juga:Diklaim Mampu Bantu Penyembuhan,Varash Banyak Diburu Pasien Covid-19Hadir Menjangkau Pelosok, BRI Kerahkan Teras Kapal untuk Vaksinasi di Empat Wilayah Kepulauan di Indonesia

Lucky pun melihat BRI dalam kurun lima tahun ke belakang cukup agresif melakukan penguatan di berbagai lini usaha. Seperti mengakuisisi Danareksa Sekuritas pada 2018. Selain itu, memperkuat lini usaha lainnya seperti BRIsyariah yang sudah tergabung dalam PT Bank Syariah Indonesia Tbk., dan BRI Agro. “Ini menjelaskan bahwa BRI telah melakukan diversifikasi usaha yang terbukti menjadi kontributor bagi induk usahanya yaitu BRI,” ujarnya.

Bahkan kata dia, saham BRIS yang merupakan bank hasil merger dari tiga bank syariah milik Himbara dan BRI Agro yang berkode AGRO, pun menunjukkan tren positif. Seperti BRIS yang diperdagangkan di kisaran harga Rp2.000 ke atas akhir-akhir ini. Dalam sebulan terakhir harga saham BRIS naik 25,3 persen. Harga itu naik tinggi dibandingkan dengan pertama kali BRIS melantai di bursa pada 2018, sahamnya diperdagangkan di kisaran harga Rp500.

Adapun saham AGRO dalam tiga bulan terakhir mencatat kenaikan 100,5 persen dan diperdagangkan di kisaran Rp1.900. Kenaikan signifikan harga saham AGRO terdorong oleh sentimen positif salah satunya dari BRI yang menyiapkan anak usahanya tersebut menjadi bank digital.

Oleh karena itu, Lucky optimistis saham BBRI akan kembali menembus Rp4.800 ke depan. Selain karena terpicu faktor-faktor tersebut, pendorong kuat kali ini adalah holding BUMN UMi yang diproyeksikan mampu mengintegrasikan dan memperkuat pemberdayaan ekosistem UMKM termasuk usaha ultra mikro di dalamnya. “Saat ini BBRI masih cenderung menguat ke angka Rp4.800,” ujarnya optimistis.

0 Komentar