Eep Dulu, Jokowi Kemudian

Eep Dulu, Jokowi Kemudian
0 Komentar

SUATU hari, di sela minum kopi. Rekan dan senior saya bercerita: waktu naik motor di tahun 1990-an, pakai kaos oblong, Eep bilang: uing engke rek jadi bupati (saya nanti bakal jadi bupati).

Senior saya itu sahabat Eep Hidayat. Ia pun menceritakan bagaimana Eep di masa lalu. Dengan segala keterbatasan tapi punya keberanian. Ya, sudah berani bermimpi jadi bupati. Saat naik sepeda motor bebek pakai kaos oblong.

Lalu saya mengingat lagi cerita Eep, entah kapan, yang jelas sudah lama. Pernah mencoba melamar jadi PNS penyuluh KB. Lalu gagal. Lalu memilih berjualan, lalu sering berurusan dengan penegak hukum, lalu terjun ke politik. Ceritanya terpotong-potong.

Baca Juga:RUPSLB BRI: 96% Suara Setujui Penerbitan Sebanyak-banyaknya 28,67 Miliar Lembar Saham BaruBangun Jalan Usaha Tani dan Poros Desa

Mungkin keinginan jadi bupati memuncak saat Eep ditolak jadi penyuluh KB. Kelak, saat Eep jadi bupati, gelaran Kampung KB di Subang begitu meriah!

Kelak, senior saya, kawan Eep itu, menitikkan air mata saat Eep dilantik jadi bupati di DPRD. “Ya saya terharu, tak terasa air mata netes. Jadi ingat lagi saat dia bilang ingin jadi bupati, saat naik motor pakai kaos oblong,” katanya. Diceritakan tahun 2020 lalu.

***

Suatu hari di kampus Universitas Subang. Kabar kasus Sapi Gate menyeruak ke kampus. Eep disebut-sebut terlibat. Saat itu tahun 2007 menjelang Pilkada Subang. Lalu di tahun 2008 Pilkada benar-benar sengit. Polwil Purwakarta (kini sudah tidak ada) menetapkan Eep menjadi tersangka. Tapi Eep bergeming, maju terus, daftar calon bupati dan memilih ajudannya Ojang jadi calon wakil bupati. Menang!

Padahal lawannya berat: Imas berpasangan dengan aktor yang lagi populer Primus Yustisio. Pemeran film serial ‘Panji Manusia Milenium’. “Keberhasilan Eep memenangkan Pilkada padahal berstatus tersangka itu menarik untuk diteliti,” kata dosen saya.

Ya, tentu tidak mudah. Seorang calon menyandang tersangka tapi masih bisa memenangkan Pilkada. Apalagi rivalnya juga berat. ‘Panji manusia millennium’ itu. Lagi trending di masyarakat bawah. Ganteng pula.

“Apa yang membuat dia menang?” tanya saya kepada dosen.

“Eep menampilkan sisi lain: dia baik ke masyarakat bawah. Saat kunjungan ke desa, tiba-tiba sering memberi kejutan memberi uang. Walau tidak besar. Itu mengesankan Eep baik,” katanya.

0 Komentar