Honor Nakes Belum Merata, Kadinkes: Usulan Sudah Acc Bupati

Kadinkes dr Maxi
Kadinkes dr Maxi
0 Komentar

SUBANG-Honor tenaga kesehatan (Nakes) belum merata cair di Kabupaten Subang. Salah satu Nakes di salah satu Puskesmas yang tidak mau disebutkan namanya, menyebut jika honor beberapa tenaga kesehatan belum merata terbagi. Bahkan ada sebagian yang sejak Januari 2021, hingga Juli ini honor yang dijanjikan tak kunjung cair.

“Honor mana? Kalau Covid-19 masih belum merata. Ada yang sudah cair ada yang belum sama sekali. Itu yang saat ini jadi keprihatinan saya. Anak-anak di Puskesmas sudah kerja keras, beresiko, tapi mau cairkan uang saja susah, prosedurnya banyak,” ungkapnya saat dihubungi Pasundan Ekspres, inggu (25/7).

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr Maxi menyebut, pencairan honor untuk nakes sempat terkendala oleh sistem, namun saat ini pencairan honor sudah berjalan, tinggal menunggu.

Baca Juga:Pemdes Sidajaya Bangun Jalan Cor Beton Lintas KampungNalendra Berikan Diskon Bagi Insan Otomotif

“Usulan itu sudah di acc Pa Bupati, tinggal menunggu proses pencairan saja. Saya berharap teman-teman nakes untuk bersabar, mengerti dan paham kondisinya,” ungkapnya.

Adapun memang dia mengakui jika honor untuk Nakes tidak sampai sesuai bulannya. Sia menegaskan kembali lagi-lagi memang begitu sistem yang diterapkan. Menurutnya, pencairan uang insentif itu sebenarnya tinggal menunggu waktu untuk dicairkan.

“Artinya pencairan uang itu, baru bisa dibayarkan tiga bulan berikutnya. Misalkan untuk insentif bulan Maret sampai Mei baru dibayar bulan Juni, begitupun dengan bulan-bulan berikutnya,” tambahnya.

Dia juga memastikan, saat ini sedang memproses pencairan untuk Nakes. Namun begitu, dia meminta Nakes dan lainnya tetap bekerja memberi layanan kepada masyarakat.

“Sedang kita upayakan, kita proses. Mudah mudahan secepatnya bisa direalisasikan. Saya minta, teman-teman tetap melayani masyarakat,” imbuh Maxi.

Hal ini juga menjadi perhatian DPRD Subang, melalui Wakil Ketua DPRD H Aceng Kudus, yang mengaku banyak menerima informasi terkait hak yang belum diterima para Nakes. Dia meminta, hak mereka segera direalisasikan untuk memberi motivasi bagi Nakes.

“Kami minta perhatikan hak haknya, mereka sudah banyak membantu kita. Mereka berada di garda terdepan dalam penanganan pasien. Malah seharusnya mereka dikasih reward, karena berjuang untuk kesembuhan pasien Covid-19,” kata Aceng, beberapa waktu lalu.

0 Komentar