Kemenpora dan BPIP Kolaborasi dalam Pemusatan Pendidikan fan Pelatihan Calon Paskibraka Nasional Tahun 2021

Kemenpora dan BPIP Kolaborasi dalam Pemusatan Pendidikan fan Pelatihan Calon Paskibraka Nasional Tahun 2021
0 Komentar

JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemepora) berkolaborasi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional Tahun 2021. Seperti diketahui, setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, selalu ada Paskibraka. Mereka adalah pilihan terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia.

Karena kondisi pandemic Covid-19, kegiatan pemusatan Diklat Paskibraka dilakukan secara hybrd (dalam jaringan/Daring dan luar jaringan/Luring). Pemusatan dilakukan di Bumi Perkemahan Cibubur. Ada sekitar 68 siswa Sekolah Menengah Atas Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) sejak tanggal 26 Juli 2021.
Hadir secara Daring memberikan penguatan Ketua Dewan Pengarah BPIP Prof (Hc), Dr. (Hc) Megawati Soekarno Putri, dan Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal (Purn) Tri Sutrisno. Dalam sambutannya Kepala BPIP Prof. Dr. KH Yudian Wahyudi mengharapkan agar Paskibra tahun 2021 bisa menjadi Duta Pancasila.
“Saya berharap adik-adik Paskibra ini bisa menjadi Duta Pancasila bagi generasi yang akan datang. Sekaligus menjadi pelopor yang dapat diteladani oleh para pemuda yang akan datang,” kata Yudian ketika memberikan pengarahan pada pembukaan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Paskibra secara daring (26/7).
Sementara itu, Wakil Kepala BPIP Prof Hariyono mengatakan terpilihnya calon Paskibraka 2021 ini merupakan sebuah peluang dan sekaligus tugas yang benar dan mulia. Menurutnya, menjadi seorang pengibar bendera merah putih bukan hanya sekedar kain merah dan putih, melainkan sebagai simbol dan tanda identitas dari sebuah bangsa.

“Bendera yang adik adik kibarkan nanti bukan hanya semata mata dikibarkan di atas tiang bendera, tetapi dikibarkan untuk meningkatkan, menjaga, dan membangun peradaban bangsa,” jelasnya saat memberikan pengarahan paskibraka.

Baca Juga:Rights Issue Bernilai Besar, BRI Optimis Dapat Terserap OptimalApa Sih Arti PPKM Level 3 dan 4 ? 

Dalam acara tersebut hadir memberikan sambutan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Dr. H. M. Asrorun Ni’am, S.Ag., M.A. “Perlu dipahami baik-baik bahwa Paskibraka tidak bertugas hanya untuk baris berbaris dan mengibarkan bendera merah putih pada saat ulang tahun kemerdekaan dan selesai, tetapi di pundak mereka ada amanah besar sebagai sosok pemimpin muda nasional” tukas Asrorun Ni’am dalam sambutannya yang juga dilakukan secara daring.

0 Komentar