Jadwal Puasa Muharram 2021 Lengkap Niatnya

Jadwal Puasa Muharram 2021 Lengkap Niat dan Bacaannya
Jadwal Puasa Muharram 2021 Lengkap Niat dan Bacaannya
0 Komentar

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ‘Asyura? Beliau menjawab, “Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR, Muslim).

Jadwal Puasa Muharram 2021 Lengkap Niatnya

Niat puasa Asyura:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala.”

Puasa Ayyamul Bidh 

Lafadz dan niat puasa Ayyamul Bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala.

Baca Juga:Akibat Pembangunan Pelabuhan, Nelayan Pantura Kesulitan Melintas Perairan PatimbanDua Tahun Tidak Ada Pemberangkatan, Dua Calon Tarik Dana Haji

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah Ta’ala.”

Catatan: Apabila kita mendadak misalnya pada pagi hari mau mengamalkan sunah puasa Tasu’a atau Asyura, Seperti dilansir Nu.or.id, menurut madzhab Syafi’i, maka diperbolehkan berniat semenjak kita terbesit keinginan untuk melaksanakan puasa sunah. Sebab kewajiban niat puasa di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib (puasa ramadhan)

Jika ingin puasa sunah, niat boleh dilakukan pada waktu siang hari selagi kita belum makan, minum, dan melakukan hal lainnya yang membatalkan puasa sejak subuh (sejak masuk waktu puasa)

Rasulullah SAW selalu melaksanakan puasa sunnah di bulan Muharram, terutama pada tanggal 10 Muharram. Puasa tersebut yang dinamakan dengan puasa Asyura. Kemudian, puasa yang dilaksanakan pada 9 Muharram ialah puasa Tasu’a. Wallahu a’lam. (Jni)

0 Komentar