Refleksi Kemerdekaan: Kita Belum Merdeka dari Covid-19

Refleksi Kemerdekaan: Kita Belum Merdeka dari Covid-19
0 Komentar

Banyak faktor yang menjadi keberhasilan negara tersebut melawan covid-19, dari mulai program vaksinasi yang kredibel, pola hidup masyarakat yang lebih teratur atau disiplin dan kondisi politik yang mendukung. Korea Selatan berhasil mengatasi penyebaran virus corona, meski tanpa menerapkan lockdown. Negeri Ginseng tersebut berhasil mendapatkan kepercayaan rakyat, sehingga dapat saling bekerja sama untuk melakukan social distancing. Selain itu, pemerintahnya juga memanfaatkan aplikasi untuk mengontrol masyarakatnya. Akibatnya tindak pencegahan dan penanganan kasus-kasus Covid-19 baru dapat segera dilakukan.

Tidak ada kata mustahil Indonesia bisa merdeka dari covid-19 ini, asalkan semua pihak bahu membahu untuk bisa mensukseskan semua regulasi penanganan covid-19. Sudah tentu dalam hal ini sebuah tantangan yang tidak mudah, misalkan ketika ada kebijakan PPKM, ternyata tidak cukup hanya kebijakan saja melainkan bagaimana menangani masyarakat yang kena dampak dari PPKM tersebut, sudah tentu harus ada bantuan khusus agar tidak terkesan menyelesaikan satu masalah muncul masalah baru.

Pemerintah harus berjuang untuk meyakinkan kepada rakyatnya bahwa Indonesia bisa keluar dari wabah ini, tentu harus tegas kepada oknum pejabat yang melakukan korupsi dan tindakan yang tidak memberikan contoh terpuji di tengah-tengah kondisi pandemi. Pemerintah harus mendapat kepercayaan penuh dari rakyatnya dan banyak belajar dari negara-negara yang sukses bisa menekan penurunan covid-19. Refleksi kemerdekaan Republik Indonesia sudah tentu banyak pengorbanan, untuk merdeka dari covid-19 ini pun harus bersama-sama berkorban dan seirama dalam penanganan covid-19 ini. Semangat persatuan dan gotong royong adalah kata kunci kita bisa merdeka dari wabah ini.

Wallahu ‘alam Bishawab.

Laman:

1 2
0 Komentar