Airlangga Hartarto: Vaksin Dalam Negeri Upaya Menghemat Devisa

Airlangga Hartarto: Vaksin Dalam Negeri Upaya Menghemat Devisa
0 Komentar

JAKARTA—Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto berharap pengembangan vaksin nasional bisa segera dirampungkan.

Airlangga optimistis salah satu vaksin produk nasional Merah Putih bisa diedarkan pada 2022 mendatang.

“Diharapkan tahun 2022 vaksin ini siap edar dan diberikan kepada masyarakat,” tutur Airlangga dalam acara webinar, Rabu (25/8).

Baca Juga:Koordinasi dan Sosialisasi Level 2, Ini Kata Bupati SubangRakornas Inflasi 2021: Akselerasi Transformasi Digital UMKM Pangan untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Menjaga Stabilitas Harga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini mengaku pengembangan vaksin Merah Putih menunjukkan sinyal positif. Menurut Airlangga, perkembangan luar biasa vaksin Merah Putih menunjukkan tanda siap diedarkan pada 2022.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menambahkan, pengembangan vaksin dalam negeri sangat penting bagi Indonesia. Hal ini untuk mengikis ketergantungan vaksin Covid-19 dari impor negara lain.

Airlangga menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk menyediakan vaksin dalam negeri untuk menangani pandemi Covid-19.

Selain untuk kemandirian vaksin dalam negeri, komitmen ini sebagai upaya menghemat devisa negara.

“Upaya ini (vaksin dalam negeri) sebagai semangat menghemat devisa negara,” tegas Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga dalam acara HUT Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meminta pengembangan vaksin nasional bisa melibatkan banyak pihak.

“Termasuk BPPT dalam pengembangan vaksin Merah Putih. Hal ini untuk mengejar target Indonesia memiliki vaksin produksi dalam negeri pada 2022,” ujar Airlangga. (rls/idr)

0 Komentar