Kandahar Taliban

Kandahar Taliban
0 Komentar

BERAPA umur Taliban? 25 tahun, jika dihitung dari tahun 1996. Umurnya 27 tahun jika dihitung dari tahun 1994. Pada umumnya Taliban disebut berdiri di antara tahun itu. Sebab tidak ada seremonial deklarasi Taliban.

Hanya tercatat Taliban dilahirkan oleh pemikiran Mohammad Omar di sebuah pesantren. Omar sudah wafat. Adik iparnya Mullah Abdul Ghani Baradar kemudian yang membawa Taliban terkenal. Jika tidak ada persaingan internal, kemungkinan besar Mullah Baradar yang akan jadi pemimpin tertinggi Afghanistan yang diusung Taliban.

Berapa umur Afghanistan? Tergantung dari mana menghitungnya. Saya akan menyebut umurnya sekitar 274 tahun. Dihitung sejak nama Afghanistan mulai disebut-sebut sejak tahun 1720-an. Di masa Kekaisaran Hotaki. Itulah tonggak kejayaan suku Pasthun. Suku dominan di Afghanistan. Pusatnya di Kandahar.

Baca Juga:BRI Kembali Menorehkan Prestasi Internasional Berupa Best Priority Banking, sekaligus Menghadirkan Konsep Baru Priority Center di Tahun 2021Usaha Pangkas Rambut Optimis Kembali Normal

Dulu, di masa peradaban kuno, sebelum bangsa Arab datang ke tanah Afghanistan, tanah itu didiami oleh bangsa-bangsa percampuran Indo-Eropa. Mereka pewaris bangsa Arya. Berkulit agak pucat, hidung mancung, bermata biru. Di negara dengan garis keturunan ras Arya banyak ditemukan gadis cantik di atas rata-rata. Jika lelaki, lebih tampan. Itulah ras ‘murni’ manusia di dunia, menurut Hitler.

Maka leluhur mereka menyebut Afghanistan sebagai tanah bangsa Arya: Ariana. Kata kuno inilah diabadikan menjadi nama maskapai penerbangan ‘Ariana Afghan Airline’. Melayani penerbangan domestik dan internasional tujuan Moskow, Dubai, India dan Turki.

Afghanistan kuno juga pernah dikuasai Alexander Agung pada 3.000 SM, masih terlihat jejaknya pula di Kandahar. Benteng kuno berusia ribuan tahun. Kemudian bangsa Mongol di bawah komando Jenghis Khan juga pernah menginjak tanah Afghanistan.

Tak heran, jika kemudian, dari Kota Kandahar pula banyak lahir para tokoh disegani. Hingga Kandahar populer disebut sebagai ‘ibu kota’ Taliban. Mereka menggunakan berbahasa pasthun. Mayoritas perempuannya menggunakan Burqa.

Di Kandahar, kita akan menemukan masjid-masjid megah peninggalan Kekaisaran Hotaki yang berusia ratusan tahun. Sekaligus kota yang terlihat lebih tua dibanding kota-kota lain di Afghanistan. Maklum, ini kota kelahiran Taliban. Dikuasai Taliban.

Kandahar hampir tidak tersentuh pembangunan fisik di masa pemerintahan modern. Berbeda jauh dengan Kota Kabul, ibu kota Afghanistan. Lebih modern dan maju. Kabul saat ini pun, mirip Jakarta tahun 1980-an.

0 Komentar