Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia G 30S PKI

Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia G 30S PKI
Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia G 30S PKI
1 Komentar

Siapa Saja Pahlawan Revolusi ?

Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia pada G 30S PKI. Nama atau gelar Pahlawan Revolusi diberikan kepada Perwira Militer yang gugur dalam peristiwa G 30S PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia) pada 30 September 1965 di Jakarta dan Yogyakarta

Gelar tersebut diberikan oleh Pemerintah Indonesia pada saat itu dan masuk ke dalam Keputusan Presiden (Kepres) yang kemudian diresmikan pada bulan Oktober 1965.

Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia G 30S PKI

  • Letjen Ahmad Yani (Menteri/Panglima Angkatan Darat)

Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani (juga dieja Achmad Yani; 19 Juni 1922 – 1 Oktober 1965) adalah komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, dan dibunuh oleh anggota Gerakan 30 September saat mencoba untuk menculik dia dari rumahnya.

Baca Juga:Dipuji Bank Dunia, Airlangga: Vaksinasi dan Taat Prokes Cara Menangani PandemiZodiak yang Memiliki Sifat Manja, Ingin Instan

  • Mayjen R. Suprapto (Deputi II Menteri/Panglima Angkatan Darat Bidang Administrasi)

    Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto (20 Juni 1920 – 1 Oktober 1965) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Ia merupakan salah satu korban dalam G30S/PKI dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta

  • Mayjen M.T Haryono (Deputi III Menteri/Panglima Angkatan Darat Bidang Perencanaan dan Pembinaan)

    Letnan Jenderal TNI Anumerta Mas Tirtodarmo Haryono (20 Januari 1924 – 1 Oktober 1965) adalah salah satu pahlawan revolusi Indonesia yang terbunuh pada persitiwa G30S. Ia dimakamkan di TMP Kalibata – Jakarta.

  • Mayjen S. Parman (Asisten I Menteri/Panglima Angkatan Darat Bidang Intelijen)

    Letnan Jenderal TNI Anumerta Siswondo Parman (4 Agustus 1918 – 1 Oktober 1965) atau lebih dikenal dengan nama S. Parman adalah salah satu pahlawan revolusi Indonesia dan tokoh militer Indonesia. Ia meninggal dibunuh pada persitiwa Gerakan 30 September dan mendapatkan gelar Letnan Jenderal Anumerta. Ia dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

  • Brigjen Sutoyo Siswomiharjo (Inspektur Kehakiman/Oditur Jenderal Angkatan Darat)

    Mayor Jenderal TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo (28 Agustus 1922 – 1 Oktober 1965) adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang diculik dan kemudian dibunuh dalam peristiwa Gerakan 30 September di Indonesia.

1 Komentar