Sifat dan Tipe Seseorang yang Suka Menunda Pekerjaan dan Solusinya

Sifat dan Tipe Seseorang yang Suka Menunda Pekerjaan dan Solusinya
Sifat dan Tipe Seseorang yang Suka Menunda Pekerjaan dan Solusinya
0 Komentar

Sifat dan Tipe Seseorang yang Suka Menunda Pekerjaan dan Solusinya. Dalam kehidupan sehari-hari, ada saja dari kita atau teman dan lingkungan sekitar, seseorang yang suka menunda-nunda pekerjaan.

Menunda pekerjaan ini sebenarnya dapat diubah, bukan dijadikan alibi “itu udah bawaan saya” . Sifat menunda pekerjaan ini disebut juga dengan Prokrastinasi atau procrastination yang berarti suatu kebiasaan menunda-nunda melaksanakan sesuatu, tugas, kegiatan, atau pun pekerjaan.

Sifat dan Tipe Seseorang yang Suka Menunda Pekerjaan dan Solusinya

Perfectionis

Baca Juga:Open BO oleh Oknum Satpol PP, Protes Wajah Tak Sesuai di FotoRp29 Triliun Rights Issue BBRI berasal dari Foreign Buy, Dirut BRI Ungkap Kiat Suksesnya

Seseorang yang termasuk sifat ini selalu menunggu semua sudah siap dan sempurna, barulah ia mulai mengerjakan sesuatu, dan justru hal ini menjadikan pekerjaannya itu tertunda

Solusinya

  • Harus lebih jelas perihal tujuan dari kerjaan, fokus dengan tujuan,
  • Setting waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan, jadi jangan melewati waktu tersebut

Pemimpi

Orang ini lebih senang membuat rencana, dibanding mengerjakannya. Memang biasanya orang ini lebih kreatif dan memiliki banyak ide, tapi sedikit sulit untuk menyelesaikan pekerjaan yang dimaksud

Solusi:

  • Tugas/pekerjaan dibagi – bagi atau dikotak-kotakan ke dalam tugas-tugas kecil
  • Fokus menyelesaikan satu persatu

Kecot

Berfikir berlebihan (overthinking) di awal jika melihat pekerjaannya itu terasa rumit dan merasa khawatir orang lain mencibir.

Pada akhirnya kerjaannya tersebut ditunda dan tidak dimulai

Solusi:

  • Saat Pagi, Kerjakan pekerjaan/tugas yang paling sulit (seperti pepatah bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian)
  • Jangan gengsi untuk minta tolong atau minta pendapat

Penunggu Tertekan

Orang dengan tipe ini harus benar-benar diperbaiki, sebab ia terbiasa menunda pekerjaan sampai mepet menjelang batas waktu kerjaan/deadline.

Baca Juga:Mempesona, Nora Alexandra Disebut Mirip Gal Gadot Wonder WomanSaid Iqbal Jadi Trending, Usai Janjinya Kirim 500.000 ke 100 Juta Masyarakat Indonesia

Sebab “the power of kepepet” atau saatsudah merasa tertekan, barulah mempunyai motivasi untuk mengerjakannya

Solusi:

  • Mulai saja mengerjakan sesuatu dengan durasi singkat tetapi harus fokus
  • Contoh mengerjakan sesuatu selama 20-30 menit lalu istirahat-kemudian mengerjakan lagi

Dari keempat hal tersebut, ada juga 4 Tipe Kepribadian Menurut Ahli, kamu termasuk tipe penunda pekerjaan yang mana? sebaiknya diperbaiki ya dan jangan jadi kebiasaan. (Jni)

0 Komentar