Masih Gentayangan, Ini Tanda-tanda Calo CPNS

Masih Gentayangan, Ini Tanda-tanda Calo CPNS (Foto: ilustrasi Cpns calo)
Masih Gentayangan, Ini Tanda-tanda Calo CPNS (Foto: ilustrasi Cpns calo)
0 Komentar

Masih Gentayangan, Ini Tanda-tanda Calo CPNS. Banyak penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab ketika perekrutan calon abdi negara.

Menanggapi hal itu, Kemenpan RB memberikan himbauan kepada masyarakat agar cermat mengenali modus penipuan untuk Cpns.

Hal yang dilakukan calo yang menjanjikan kelulusan menjadi aparatur sipil negara (ASN) adalah meminta imbalan.

Baca Juga:Halal, Putri Bill Gates Menikah Secara IslamMenteri BUMN RI Kunjungi Agen Brilink dan Teras BRI Kapal di Pulau Komodo

Dihimpun dari Fin, Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PAN-RB, Sri Rejeki Nawangsasih menjelaskan, setidaknya terlihat sejumlah ciri calo yang wajib diwaspadai.

Pertama, biasanya calo berusaha mendekati kita, bersikap mengenal, dan berada di sekeliling kita. Di tahap ini mereka sedang melakukan pendekatan,” ungkap Sri di Jakarta, Jumat (15/10)

Kemudian, calo akan memberi nomor dan menginformasikan perihal mereka akan membantu meluluskan peserta menjadi CPNS.

Calo menekankan akan kedekatannya dengan pejabat instansi terkait, terlebih lagi dengan pejabat di Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pelaksana teknis seleksi.

Terkadang, para calo berada di sekitar kantor instansi yang mempunyai regulasi perekrutan.

Mereka bisa saja menyerupai pegawai Kementerian PANRB, baik dari segi pakaian seperti batik atau bahkan mengikuti seragam kami. Ini yang harus benar-benar diwaspadai oleh masyarakat dan para generasi muda yang ingin jadi PNS,” jelasnya.

Di samping itu, masyarakat juga perlu bijak saat dihadapkan dengan situasi tersebut.

Baca Juga:Jabar Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di DuniaIngat! Mulai 17 Oktober, Kosmetik dan Obat-obatan Wajib Sertifikat Halal

Peserta Cpns harus melakukan cross check dan konfirmasi kepada instansi yang ditawarkan, agar terhindar dari tipu daya calo Cpns

Kemudian, Sri juga menekankan, bahwa pelaksanaan seleksi CASN tidak dipungut biaya.

0 Komentar