Masuk Tahap SKB CPNS? Ini Syarat Lengkapnya

Masuk Tahap SKB CPNS? Ini Syarat Lengkapnya (Foto:ilustrasi persiapan tes SKB)
Masuk Tahap SKB CPNS? Ini Syarat Lengkapnya (Foto:ilustrasi persiapan tes SKB)
0 Komentar

Para peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) diharuskan dapat menyelesaikan soal sebaik mungkin untuk mencapai nilai yang ditargetkan.

Sebab jika hanya sekedar lolos nilai ambang batas saja ternyata tidak menjamin untuk dapat maju ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB).

Merujuk dari ketentuan dalam Peraturan Menteri PANRB No. 27/2021 tentang Pengadaan PNS, peserta yang berhak untuk mengikuti tahap SKB hanyalah sebanyak tiga kali jumlah kebutuhan jabatan atau formasi berdasarkan peringkat tertinggi dari yang memenuhi nilai ambang batas.

Baca Juga:Kencing Berbusa Apakah Bahaya? Ini PenyebabnyaMasih Gentayangan, Ini Tanda-tanda Calo CPNS

Dihimpun dari Fin, bahwa tahap SKD adalah kompetisi dengan persaingan yang sangat ketat sebab nilai peserta akan disandingkan dengan pendaftar dari seluruh Indonesia untuk dapat masuk ke tahap selanjutnya.

“Gunakan kesempatan dalam tes SKD dengan maksimal. Karena nilai SKD dari setiap peserta akan dikompilasikan dengan seluruh peserta di Indonesia untuk mencari yang masuk ke tahapan selanjutnya,” jelas Inspektur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Budi Prawira, Minggu (17/10).

Lebih lanjut lagi, Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih menambahkan, rangkaian SKD CPNS Kementerian PANRB yang diadakan di Indonesia sudah berakhir dengan usainya pelaksanaan tes di Surabaya, Jawa Timur.

Kemudian, masih ada satu jadwal tes SKD lagi untuk lokasi di luar negeri, yaiut di Penang, Malaysia, yang akan dilaksanakan akhir Oktober.

Maka dari itu, Sri menyampaikan kepada semua peserta seleksi CPNS di Kementerian PANRB agar bersiap-siap menghadapi SKB.

“Sambil menunggu pengumuman resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), tetap persiapkan diri untuk menghadapi tes SKB yang mungkin tidak terlalu lama lagi akan dilangsungkan,” ucapnya.

Masuk Tahap SKB CPNS? Ini Syarat Lengkapnya

Persiapan menghadapi SKB bisa saja dimulai dengan memperdalam pengetahuan mengenai jabatan yang dilamar.

Baca Juga:Halal, Putri Bill Gates Menikah Secara IslamMenteri BUMN RI Kunjungi Agen Brilink dan Teras BRI Kapal di Pulau Komodo

Mencari tahu tentang kompetensi teknis dari jabatan yang akan dilamar, sebab materi SKB yang akan diujikan dipastikan sesuai dengan bidang jabatan.

Lebih lanjut lagi, Sri menyarankan kepada peserta untuk mencari tahu jabatan yang akan dilamar beserta dasar hukumnya.

0 Komentar